50 Orang Relawan Bencana Di Batang Lubu Sutam Ikuti Apel Sekaligus Bantu Korban Banjir Bersama OPD, Forkopimda, Dan Relawan

50 Orang Relawan Bencana Di Batang Lubu Sutam Ikuti Apel Sekaligus Bantu Korban Banjir Bersama Opd, Forkopimda, Dan Relawan

 

Liputan4.com Sumut
Palas-drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi Plt Bupati Padang Lawas pimpin Apel Relawan Permata Hijau (PHG) Grup dalam rangka pembersihan Rumah Warga terdampak Banjir Bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Desa Tanjung Baru, Senin (10/1/2022).


50 orang Relawan PHG diturunkan dalam kegiatan pembersihan rumah pasca Banjir Bandang yang telah menghancurkan Desa Tamiang, Tanjung Baru, Tanjung Barani dan Desa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam.

50 Orang Relawan Bencana Di Batang Lubu Sutam Ikuti Apel Sekaligus Bantu Korban Banjir Bersama Opd, Forkopimda, Dan Relawan

 

PLT Bupati drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengucakan banyak terima kasih, kepada para Relawan yang telah ikhlas membantu warga yang kesulitan saat ini,’ kata Plt. Bupati. Ditambahkannya’. Mari kita membantu dengan ikhlas, yang mana kita biasanya dikantor atau di perusahaan, maka hari ini dengan ijin Allah SWT kita bisa bersama membantu sekaligus berintraksi dengan masyarakat sehingga Perusahaan dan masyarakat semakin terjalin dengan erat,’terang Zarnawi.

Saat ini kita fokuskan seluruh relawan baik dari perusahaan, Desa, Kecamatan, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membersihkan rumah dengan target 2 sampai 3 rumah per OPD, Sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti biasanya di dalam rumah, baik itu dalam kegiatan memasak dan sebagaimana biasanya yang lazim dikerjakan setiap hari.

Ditambahkannya, secara geografis, geologis, demografis, maupun hidrometeorologis, Kabupaten Padang Lawas masuk wilayah rawan bencana. Untuk itu, dibutuhkan kewaspadaan akan potensi terjadinya bencana alam dalam memasuki musim hujan ini,” kata PLT Bupati.

PLT Bupati melanjutkan, Kabupaten Padang Lawas sendiri rentan terjadi bencana ketika musim penghujan, seperti bencana banjir, tanah longsor, dan angin kencang. Untuk itu, memasuki musim hujan ini perlu diwaspadai adanya masa transisi atau pancaroba yang berakibat terjadinya cuaca ekstrim pada bulan Januari 2022 ini. Kondisi tersebut harus diwaspadai dan menjadi perhatian, terlebih saat ini masih mencurahkan perhatian pada penanganan pandemi Covid 19 yang belum berakhir,” Katanya

Selain juga Sekda Padang Lawas Arpan Nasution S.Sos, juga turut hadir beserta Asisten I Pemerintahan H.Panguhum Nasution S.Sos MAP, Kasatpol PP Damkar Agus Syahputra Daulay MM, Kadis Sosial H.Ahmad Fauzan Nasution SHi, Humas PT. Victorindo Alam Lestari (VAL), Humas PT Permata Hijau Sawit (PHS), para Kepala Desa, Pimpinan OPD serta para Relawan lainnya yang tergabung dengan lingkup pemerintah Kabupaten Padang Lawas.

Disaat acara selesai, Pihak perusahaan Permata Hijau Sawit (PHG), melalui Humasnya Anwar Harahap mengatakan kepada media ini, Kegiatan ini di lakukan atas kesadaran sosial demi kemanusiaan, dan kepedulian serta ketulus ikhlasan kita untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah di Kec. Batam ini, agar terjadi pula sinergitas antara Pemkab Palas, Perusahaan dan masyarakat dapat terjalin dengan erat dan harmonis,” kata Anwar . (sbn)