Bujino A. Salan Plt Ketua DPD IPHI Kalsel Hingga 2023

  • Bagikan
Bujino A. Salan Plt Ketua DPD IPHI Kalsel Hingga 2023

Liputan4.com, Banjarmasin-Untuk mengisi kekosongan posisi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) Kalimantan Selatan (Kalsel), dilaksanakanlah rapat kerja (Raker) dalam rangka memilih pelaksana tugas (Plt) ketua periode 2018—2023, di salah satu hotel di Banjarmasin, Sabtu (05/06) pagi.

Proses pemilihan pun dilakukan dengan pemungutan suara, dan suara terbanyak diraih Bujino A. Salan untuk menjalankan roda organisasi kepemimpinan terdahulu, karena ditinggal mangkat.

“Hasil _voting_ kali ini saya ditunjuk sebagai pelaksana tugas masa bakti 2018—2023. Untuk itu, saya diberikan kewenangan menjalankan roda organisasi,” tutur Bujino A. Salan kepada Liputan4.com, usai acara.

Pada kesempatan ini sekaligus dilaksanakan Rapat Kerja Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kalsel untuk membahas rencana program kerja.

“Hasil raker hari ini yang pertama pembentukan rekrutmen anggota khusus dari KAI, selanjutnya persiapan pelantikan anggota IPHI dan pelantikan pengurus Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Advokasi Peduli Bangsa (APB), serta menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Kalsel maupun Kalteng,” jelas Bujino A. Salan yang juga menjabat sebagai Ketua DPD KAI Kalsel.

Sementara itu, Sekretaris IPHI H. Warsiat menambahkan, program kerja yang telah disepakati bersama adalah membuka peluang pendaftaran bagi sarjana-sarjana hukum yang baru lulus untuk menjadi calon advokat.

“Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi, sebuah organisasi itu harus  berkerja sama dengan universitas yang akreditasinya B,” ungkapnya.

Menurutnya saat ini, sudah ada beberapa universitas yang bekerja sama dengan organisasinya, seperti Universitas Cahaya Bangsa untuk Ujian Calon Advokat (UCA), dan Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat untuk Pendidikan Khusus Profesi Advokat (DKPA).

“Kedepan, mungkin akan lebih banyak lagi universitas yang akan bekerja sama dengan kita. Kabar baiknya, di samping kita merekrut calon anggota baru dari kalangan sarjana, kita juga akan merekrut dari disiplin ilmu lain, misalnya dari lulusan SMA, konteksnya untuk paralegal,” pungkasnya.

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan