Dua perenang putri asal Kabupaten Tanah Laut berjaya dengan meraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 di Kolam Renang GOR Hasanuddin Banjarmasin, Selasa.

Dua perenang putri yang berprestasi itu adalah Dewi Sali Ramadhan pada nomor 100 meter gaya punggung putri dan Diandra Pramitha pada nomor 100 meter gaya dada putri.

Sementara itu, kontingen atlet renang Kota Banjarmasin masih dapat satu medali emas atas nama M Syaiful pada nomor 100 meter gaya punggung putra. Satu medali emas lagi ditaih perenang asal Kota Banjarbaru atas nama M Samy Adam pada nomor 100 meter daya dada putra.

Menurut panitia cabang olahraga renang POPDA Kalsel 2021 Zuhriannor atau yang biasa dikenal pak Ateng mengatakan, cabang renang POPDA Kalsel memperebutkan sebanyak 22 medali emas.

“Hari ini cuma delapan nomor lomba yang kita pertandingan,” tuturnya.

Memang, tuturnya, sementara ini kontingen Kabupaten Tanah Laut yang berjaya sudah merebut dua emas, disusul Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

“Untuk medali perak sementara ini Kota Banjarmasin yang raih terbanyak sebanyak dua, disusul Tanah Laut dan Tabalong yang masing-masing satu,” ujarnya.

Untuk medali perunggu, lanjut Pak Ateng, Kota Banjarbaru sudah mengumpulkan dua medali, selanjutnya Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar masing-masing satu medali.

“Tapi ini baru awal, semua masih banyak kesempatan untuk kontingen daerah lain meraih prestasi,” beber yang menjabat Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kalsel tersebut.

Dia mengungkapkan, ada sebanyak 87 atlet yang dari 13 kabupaten/kota.

Pak Ateng menilai, sejauh ini sebagai pengamatannya yang melatih cabang renang Kalsel merasa bangga dengan banyaknya talenta muda dari pelajar yang baik untuk dikembangkan menjadi atlet profesional.

“Moga mereka ini jadi atlet masa depan daerah kita, hingga canang olahraga renang daerah kita berjaya di nasional,” pungkasnya.(GT.Zubaidi).