Warga Keluhkan Mangkraknya Pengecoran Rabat Beton Jalan Tokiyang Desa Dampit

Warga Keluhkan Mangkraknya Pengecoran Rabat Beton Jalan Tokiyang Desa Dampit

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Proyek pembangunan pengecoran jalan Tokiyang, Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terlihat mangkrak. Jum’at ( 07/01/2022).

Jalan Tokiyang yang berada di Kampung Tokiyang RT.05 RW. 03 Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, terpantau masih menyisakan sisa pekerjaan yang belum beres alias mangkrak.


Proyek pembangunan pengecoran jalan yang sudah berjalan sejak Desember tahun 2021 ini, banyak dikeluhkan warga sekitar. Selain, karena tidak transparan nya pihak pelaksana proyek, juga masih menyisakan pekerjaan yang belum selesai dikerjakan. Belum lagi, para pengguna jalan yang memakai kendaraan R2 maupun R4 khawatir terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang belum rampung di kerjakan sehingga rawan di lalui kendaraan bermotor.

Hal ini di keluhkan warga, seperti yang di ungkapkan salah seorang warga Tokiyang. ” Proyek pengerjaan pengecoran jalan Tokiyang di tinggalkan begitu saja oleh para pekerjanya, padahal pengerjaan nya belum beres , ” ucap Warga, yang tidak mau di sebutkan identitasnya, pada Jum’at (07/01/2022).

Warga menjelaskan, seharusnya pengerjaan rabat beton jalan tersebut sepanjang 140 meter, tetapi pada kenyataannya jauh dari itu. Silahkan bapak ukur sendiri, paling yang sudah beres di kerjakan ada berapa meter? Itupun kualitasnya sangat jauh dari yang di harapkan.

Sambung Warga, kami khawatir terjadi kecelakaan ketika melewati tanjakan atau turunan di jalan rabat beton tersebut. Karena bagian ujung jalan yang sudah di cor dibiarkan menganga tanpa di rapihkan kembali.

Masih kata Warga, kalau kendaraan baik R2 maupun R4 yang hendak naik harus didorong atau diganjal pakai batu/kayu karena ujung jalan yang dicor dibiarkan begitu saja. Sehingga tidak rata, susah buat naik atau turun kendaraan bermotor. Apalagi kalau kondisi hujan, jalan menjadi licin karena banyak lumpur bercampur pasir dari bekas yang di gali pekerja proyek pada waktu pengerjaan dulu.

Harapannya, Pemerintah ataupun Dinas terkait bisa secepatnya menyelesaikan pekerjaan jalan Tokiyang, jangan dibiarkan terlalu lama seperti ini.

Pekerjaan jalan Tokiyang yang seharusnya beres di bulan Desember 2021, tetapi hingga kini sudah memasuki tahun 2022 masih belum ada tanda-tanda akan di selesaikan. Kemana anggaran yang sudah dialokasikan untuk pengecoran jalan yang terletak di Kampung Tokiang RT.05 RW. 03, Desa Dampit, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tersebut.

Ketidak transparan pihak pelaksana proyek dari awal pengerjaan sudah terlihat. Karena dari awal tidak pernah ada papan informasi proyek yang di pasang di lokasi. Sehingga masyarakat tidak mengetahui kemana dan kepada siapa harus mengadukan permasalahan tersebut.

Seyogyanya, pihak-pihak terkait harus bisa segera memberikan keterangan dan menjelaskan penyebab mangkraknya proyek pengecoran jalan Tokiyang tersebut. Jangan sampai ada pihak yang mencoba mencari keuntungan besar dengan meninggalkan tanggung jawab pekerjaannya.

Dan semoga pihak aparat hukum, dapat segera turun tangan untuk menyelediki mangkraknya proyek tersebut. Jangan sampai negara dan juga masyarakat di rugikan oleh oknum-oknum yang bermain dalam pengerjaan proyek jalan Tokiyang Dampit.

Penulis : kuswandi

 

 

Print Friendly, Pdf & Email