Tingkatkan Kenyamanan KBM, MAN 2 Bandung Terus Melakukan Perbaikan Prasarana Sekolah

Tingkatkan Kenyamanan Kbm, Man 2 Bandung Terus Melakukan Perbaikan Prasarana Sekolah

LIPUTAN4.COM, BANDUNG || Madrasah Aliyah adalah satuan pendidikan setara SMA. Madrasah Aliyah ada dibawah binaan Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan nilai tambah, berupa adanya pelajaran keagamaan yang lebih banyak dibanding SMA.

Madrasah Aliyah Negeri yang berada di wilayah Kabupaten Bandung, salah satunya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandung, yang berada di wilayah Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Tingkatkan Kenyamanan Kbm, Man 2 Bandung Terus Melakukan Perbaikan Prasarana Sekolah

MAN 2 Bandung, menjadi alternatif bagi orang tua mendambakan pendidikan untuk anaknya, karena adanya nilai pelajaran agama yang lebih banyak, disamping banyaknya prestasi yang sudah diraih para siswa baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Hal ini terlihat dari setiap pendaftaran PPDB dari tahun ke tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Faktor menarik lainnya adalah karena di MAN 2 Bandung, ada kegiatan ekstrakurikuler yang cukup berprestasi membawa nama baik sekolah di berbagai kejuaraan, baik di tingkat Kabupaten bahkan sampai Provinsi, yaitu Paskibra dan BKC.

Tingkatkan Kenyamanan Kbm, Man 2 Bandung Terus Melakukan Perbaikan Prasarana Sekolah

Saat ini, ditengah pandemi covid-19, disaat siswa belajar sistem daring dirumah, MAN 2 Bandung terus melakukan pembenahan sarana dan prasarana sekolah. Diantaranya, melakukan rehab ruangan kelas, memasang alat pencuci tangan dan handsanitizer di depan ruang kelas, membangun 4 lokal toilet, membangun ruangan koperasi, membangun ruangan komite sekolah, dan melakukan pengecatan ulang di seluruh ruangan kelas.

Tingkatkan Kenyamanan Kbm, Man 2 Bandung Terus Melakukan Perbaikan Prasarana Sekolah

Seperti yang di sampaikan Wakil Kepala Sekolah Bidang Prasarana, Ridwan Rusdiana mengatakan, kami sedang melakukan rehab ruangan kelas, membangun ruangan koperasi dan komite sekolah, 4 lokal toilet, memasang alat cuci tangan, dan mengecat ulang seluruh ruangan kelas.

” Hal ini dilakukan, supaya semua siswa termasuk para guru, ketika nanti masuk sekolah tatap muka merasa nyaman dan betah dalam kegiatan belajar mengajar, ” ucap Ridwan.

Selain itu, pihak MAN 2 Bandung juga telah melakukan pembelian sebidang tanah yang berada di samping bangunan belakang, yang akan digunakan untuk pengembangan sekolah kedepannya. Hanya sampai saat ini belum ada alokasi dana untuk pembangunan tanah tersebut. ” Kami telah membeli tanah ini, untuk pengembangan sekolah ke depannya, mudah-mudahan setelah ada alokasi biaya, kami dapat segera membangunnya, ” jelas Ridwan.

Lanjut Ridwan, ada Pekerjaan Rumah (PR) besar bagi kami saat ini, yaitu pembangunan Musholla. Karena hal ini sudah dijanjikan hasil rapat dengan Komite Sekolah dan wali murid, dimana rencananya pihak sekolah akan membangun Musholla yang refresentatif untuk sarana penunjang ibadah, yang sampai saat ini masih belum bisa dilaksanakan. Hal ini karena keterbatasan biaya yang dimiliki, tetapi semoga secepatnya bisa kami bangun.

Semua pembangunan di MAN 2 Bandung itu dapat dilakukan, berkat tangan dingin seorang Kepala Sekolah yang bernama Deni, yang bisa bersinergi sangat baik, dengan Komite Sekolah, para guru, dan juga wali murid. ” Kepala Sekolah sekarang ini, sangat dekat dengan para guru dan juga Komite Sekolah, sehingga setiap hal apapun akan selalu didiskusikan terlebih dahulu menyangkut keuangan dan rencana pembangunan di sekolah, ” ujar salah seorang Komite Sekolah.

Seorang Kepala Sekolah, dalam menjalankan manajemen sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah tentunya tidak bisa sendirian, selain dibantu para guru dan wali murid, ada peranan komite sekolah yang juga ikut terlibat aktif menjalankan fungsinya.

Penulis : kuswandi