PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Tidak Punya Kontribusi, Ketua KNPI Diminta Stop Bicara Soal PON Papua

Pewarta: Abdul Mutakim Topik: Olahraga, Papua, Pemerintahan
  • Bagikan
Tidak Punya Kontribusi, Ketua KNPI Diminta Stop Bicara Soal PON Papua
Kenius Kogoya, Sekretaris Umum KONI Papua || Dok/ Foto/ Penulis: Abdul Mutakim

Liputan4.com, JAYAPURA | “Kami harapkan saudara ketua KNPI atau saudara Haris stop bicara soal PON. Anda tidak punya kontribusi apapun menyangkut apapun soal PON Papua,” tegas Sekertaris Umum KONI Provinsi Papua, Kenius Kogoya saat ditemui di Suni Hotel Abepura, Kota Jayapura, Senin (9/8).

Hal tersebut disampaikan oleh Kenius Kogoya atau sering disapa KK dengan tegas karena pernyataan Haris Pertama yang mengatasnamakan Ketua KNPI yakni “Karena COVID-19, maka Pemerintah harus menunda bahkan membatalkan PON XX 2021 Papua. Kita tidak menginginkan kematian warga Negara semakin bertambah karena hal tersebut,”Tidak Punya Kontribusi, Ketua KNPI Diminta Stop Bicara Soal PON Papua

KK juga mempertanyakan kapasitas dan legalitas Haris Pertama sebagai Ketua DPP KNPI, ia juga mengatakan jika legalitasnya tidak jelas jangan bawa nama KNPI bicara untuk gagalkan PON.

Kenius juga menjelaskan bahwa PON merupakan agenda Negara yang tidak boleh ditunda apalagi PON sudah pernah ditunda.

“Kalau pandemi kemudian kita melaksanakan PON itu kita tidak perlu pesimis sebagai bangsa yang besar. Harus siap melaksanakan PON ini karena kita sudah tunda 1 tahun,” ujarnya.

Menurut Sekum KONI Papua bahwa Pemerintah sudah siap dalam menyelenggarakan PON XX tahun 2021 di Papua.

“Venue-venue yang sudah disiapkan Pemerintah Propinsi Papua, ini semua sudah siap. Sebagai tuan rumah itu sudah siap,” kata Kenius

Untuk persiapan PON, Kenius Kogoya mengatakan bahwa Negara telah mengeluarkan dana yang tidak sedikit sehingga PON tidak boleh ditunda lagi.

“Karena Negara sudah mengeluarkan biaya tidak sedikit, karena persiapan mulai dari pembangunan, infrastruktur sampai dengan persiapan-persiapan penyelenggaraan PON. Tidak sedikit anggaran yang dikeluarkan Negara dan juga Pemerintah Daerah, itu sebabnya PON ini pentingnya bagi masyarakat Papua,” jelasnya

Kenius juga meminta kepada saudara yang di luar Papua untuk tidak mengganggu masyarakat Papua dalam menyelenggarakan PON.

“Jadi saudara-saudara kami yang diluar jangan ganggu kami di Papua. Kami juga ingin Papua maju seperti daerah lain di Indonesia. Kami tidak pernah ganggu mereka disana,” pungkasnya.

Karena menurutnya PON XX merupakan sebuah momentum kebangkitan Olahraga dan ekonomi di tanah Papua, sehingga Kenius Kogoya berharap jangan ada lagi wacana untuk menggagalkan PON.

“Harapan kami, stop bicara tentang PON apalagi untuk menggagalkan PON kalau tidak punya kontribusi terhadap Papua,” pungkasnya.

Penulis: Akim

Editor : Red/ Mkt

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan