Plt. Bupati Dan Forkopimda Palas Resmikan Kampung Pancasila

Plt. Bupati Dan Forkopimda Palas Resmikan Kampung Pancasila

Liputan4.com.   Padang Lawas
-PALAS-Plt Bupati Padanglawas (Palas) bersama Forkopimda meresmikan Kampung Pancasila di Desa PIR Trans Sosa IIIA, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padanglawas, Jumat (01/04/2022).

Plt. Bupati Dan Forkopimda Palas Resmikan Kampung Pancasila

 

Peresmian Kampung Pancasila ditandai dengan penguntingan pita oleh Plt Bupati Palas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi dan penandatanganan prasasti oleh Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing disaksikan Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK MSi dan Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar dan Kajari Palas.

Dari 303 Desa yang tersebar di Kabupaten Palas, terpilih Desa Pir Trans Sosa III A sebagai kampung Pancasila dengan tujuan menjaga keharmonisan kerukunan umat beragama dalam memajukan kebhinekaan warga yang saling menghormati satu dan lainnya dan umum masyarakat Indonesia.

Zarnawi Pasaribu menyampaikan, dengan terpilihnya Desa Pir Trans Sosa III A ini diharapkan masyarakat dapat menjaga kemajemukan yang menghayati makna dari Pancasila sehingga terjaganya persatuan dan kesatuan yang kuat.

“Mari kita saling bergandengan tangan dengan harmonis,walapun berbeda agama bukan menjadi perbedaan diantara kita tetapi semakin meningkatkan ikatan persaudaraan yang lebih baik,” harapnya.
Ia juga berpesan, Pancasila merupakan ideologi negara yang memiliki kesaktian cukup sakti,walaupun berbagai gelombang yang mencoba merongrongnya tetapi mampu menyatukan kita sampai sekarang ini.

“Kabupaten Palas memiliki beraneka ragam suku,ada suku mandailing sebagai mayoritas dan suku lainnya seperti suku jawa, melayu, minang tetapi tetap intoleransi dan saling menghormati,” terangnya Plt Bupati.

Kata Plt Bupati, tantangan yang dihadapi ditengah keberagaman ini salah satunya adalah entosentrisme. Dengan diresmikan Kampung Pancasila ini dapat menangkal isu radikalisme, terorisme yang dapat menimbulkan gesekan di tengah masyarakat

Disisi lain, sambungnya, apalagi dikabupaten Palas dikenal dengan masyarakat yang santun dan bangsa ini mempunyai ideologi pancasila yang memiliki kekuatan menampung segala bentuk perbedaan dan keanekaragaman,” tambahnya.

Sementara, Dandim 0212/TS, Letkol inf Rooy Chandra Sihombing menyampaikan, peresmian kampung Pancasila ini tidak lepas dari prakarsa Jendral TNI Dudung Abdulrahman sehingga seluruh TNI AD seluruh Indonesia untuk membentuk Kampung Pancasila.

“Kampung Pancasila ini bertujuan untuk terhindar dari kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada upaya radikalisme, terorisme maupun kekerasan dan lainnya serta menjaga toleransi beragama untuk saling memghornati satu dan lainnya,”ucap Dandim.

“Dengan diresmikanya Kampung Pancasila ini tidak hanya sampai disini. Namun lebih diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari agar menjadi contoh kepada desa-desa.lainnya yang ada di Kabupaten Palas,” harapnya.

Tampak hadir dikegiatan peresmian Kampung Pancasila, Danramil 09 Sosa, Kapten Cpl M.S Nasution, Kepala Desa Pir Trans Sosa III A, Herman Hasibuan, Pengurus FKPPI Palas, Danramil sejajaran Kodim 0212/ TS, Tokoh Agama Islam dan Kristen serta Pengurus PKK desa se Kecamatan Hutaraja Tinggi.( Sbn)