Pelantikan Pengurus DPD IPHI Kalsel Berjalan Lancar

Reporter: Dessy Nathalia Kategori: Ekonomi & Bisnis, Kalimantan Selatan
  • Bagikan
Pelantikan Pengurus DPD IPHI Kalsel Berjalan Lancar

Liputan 4.com, Banjarmasin-Semangat juang anggota IPHI (Ikatan Penasehat Hukum Indonesia) terlihat ketika acara pengukuhan/pelantikan DPD (Dewan Pengurus Daerah) Kalimantan Selatan. Bertepatan dengan Ulang Tahun Ketua terpilih Bujino A Salan SH MH, IPHI pun tidak ketinggalan.

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) Kalimantan Selatan periode 2018-2023 dilantik secara resmi di sebuah hotel Banjarmasin, Selasa (13/7/2021). Kepengurusan yang dipimpin Ketua terpilih Bujino A Salan SH MH itu dikukuhkan Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Rahmat Santoso SH MH

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) IPHI, Rahmat Santoso SH.MH yang memberikan sambutannya lewat daring zoom meeting menyampaikan selamat atas dilantiknya DPD Ketua DPD IPHI Kalimantan Selatan.

Kiranya ini menjadi percontohan dalam pelantikan pengurus IPHI lainnya di daerah seluruh Indonesia. Pengurus yang dilantik untuk dapat bekerja sebaiknya, terutama untuk kejayaan IPHI. Selamat bekerja dan selalu terapkan marwah advokat sebagai profesi mulia,” kata Ketua Umum IPHI ini

Rahmat mengucapkan selamat kepada Ketua DPD IPHI Kalsel terbaru, yang ia harapkan bisa menjadi momentum untuk bekerja lebih baik, profesional, beretika, dan berintegritas.

“Karena dengan modal inilah akan mampu membangun organisasi yang solid dan bermartabat,” pesannya.

Rahmat melanjutkan, penegakan hukum di Indonesia masih menyisakan berbagai macam persoalan, sehingga penasihat hukum mempunyai peran penting sekaligus ikut bertanggung jawab dalam meningkatkan citra penegakan hukum di tanah air.

“Dengan kata lain, IPHI turut serta menyelenggarakan kegiatan di bidang hukum yang berkualitas dan mendukung penegakan hukum di berbagai bidang,” jelasnya.

Rahmat berpesan agar pengurus IPHI Kalimantan Selatan benar-benar bekerja, terutama memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Setelah dilantik harus bekerja, jangan malah sebaliknya. Setidaknya perbanyak penyuluhan hukum kepada masyarakat,” harapnya.

Ditambahkan Rahmat, kepada seluruh keluarga besar IPHI dan KAI diharapkan bisa membantu pemerintah untuk memerangi wabah virus korona dengan memberikan edukasi dan contoh bagi masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan.

“Untuk itu, sekali lagi saya menekankan agar IPHI bersatu, kompak dalam memberikan pelayanan hukum, terutama kepada masyarakat kecil, serta melihat kondisi ekonomi yang saat ini sedang tidak stabil lantaran pandemi Covid-19,” pungkas Rahmat.

Sementara itu, Ketua DPD IPHI Kalsel yang baru dilantik, Bujino A. Salan SH MH,

Pelantikan Pengurus DPD IPHI Kalsel Berjalan Lancar
Ketua DPD IPHI Kalsel terpilih Bujino A Salan SH MH (Poto Aduy)

mengungkapkan, kepengurusan ini merupakan pergantian antar waktu (PAW) lantaran Ketua IPHI sebelumnya, Wanto A. Salan telah mangkat.

“Sehingga satu bulan yang lalu kami mengadakan rapat kepengurusan dan terbentuklah susunan kepengurusan yang baru ini, dan kebetulan saya didaulat untuk menjalankan dan melanjutkan kepengurusan sebagai ketua harian masa bakti 2018—2023,” ungkapnya

Pengacara kondang di Banjarmasin yang juga Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kalsel ini turut berharap, agar IPHI bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Kita berharap bisa mengabdikan diri kepada masyarakat berkaitan dengan penegakan hukum, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan,” katanya.

Dalam konteks penegakan hukum, pihaknya akan menurunkan advokat senior dan junior, yang nantinya akan membantu masyarakat dalam berbagai persoalan hukum, terlebih banyak permasalahan yang terjadi di masa pandemi seperti saat ini.

Agenda yang utama yaitu penyuluhan hukum gratis kepada masyarakat. Ini penting dilakukan pada pengurusan IPHI Kalsel sebagai bagian pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

“Kita harapkan dari anggota maupun pengurus IPHI dapat berperan aktif membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi terkait protokol kesehatan. Artinya dengan kondisi sekarang ini apakah penegakan hukum akan berhenti? Tidak, masih tetap berjalan dan berpihak kepada masyarakat,” beber Bujino.

“Kami berterimakasih kepada DPP IPHI dan pengurusan sebelumnya DPD IPHI Kalsel, Kami akan mengemban tugas ini dengan sebaiknya,” tutup Bujino.

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
1
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan