Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Palnam Selalu Ramai Saat Hari Biasa Maupun Akhir Pekan

  • Bagikan
Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Palnam Selalu Ramai Saat Hari Biasa Maupun Akhir Pekan
Minat Baca Tinggi, Perpustakaan Palnam Selalu Ramai Saat Hari Biasa Maupun Akhir Pekan
Suasana Ruangan Perpustakaan yang bersih dan asri (poto istimewa)

Liputan4.com, Banjarmasin-baca masyarakat dan pelajar di Provinsi Kalimatan Selatan semakin meningkat.  Terlihat dari volume pengunjung ke Perpustakaan Palnam, setiap harinya mencapai 100 lebih pengunjung.

Hal itu diakui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan, melalui Sekretaris Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan M Ramadhan SE ME AK CA. Diakuinya, sejak pandem dan pasca lebaran kemarin minat baca di kalangan masyarakat sudah meningkat dan stabil lagi.

“Bulan-bulan sekarang sudah mulai naik lagi. Setelah pasca lebaran kemarin alhamdulillah sudah mulai stabil. Tidak kurang dari 100 pengunjung pustakawan ke perpustakaan,” katanya kepada Liputan.4.com ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (5/7).

Selain itu, Ramadhan juga menyampaikan, pelayanan perpustakaan sampai hari Minggu. Meskipun di hari libur perpustakaan tetap buka. “Selama tujuh hari full buka. Pelayan tujuh hari ini, memberikan kesempatan untuk pelajar atau SMA yang full day tidak mengakses buku-buku karena  jam belajar sampai sore. Sehingga mereka bisa ke perpustakaan Sabtu dan Minggu. Makanya kami coba untuk memberikan layanan di hari Sabtu dan Minggu buka,” katanya.

Di bukanya Perpustakaan para hari libur, diakui Ramadhan berdasar permintaan dari masyarakat terurtama ibu-ibu. Supaya mereka bisa mengantar anak-anaknya ke perpustakaan.

Selain memberikan fasilitas buku yang setiap bulannya up to date, Perpustakaan memberikan form kepada pembaca yang berisi untuk menyumbang untuk penambahan koleksi buku perpustakaan.

”Nanti si pengunjung atau pembaca diberi form untuk diisi penambahan buku. Karena mengelola perpustakaan itu sama saja kaya mengelola sembako, tetap saja ada yang kurang. Untuk  melengkapinya dari mereka para pembaca,” paparnya.

Untuk memancing minat baca kepada masyarakat kalsel, pihaknya sudah menjalankan pelayanan seperti Perpustakaan Keliling dengan armada mobil.

Ayo bagi orang tua yang bingung membawa anak nya mengisi liburan, bisa berkunjung ke Kids Library karena selain bisa bermain juga menambah ilmu selama liburannya dan yang pasti semua nya gratis baik itu parkir kendaraan, masuk ke perpustakaan dan bikin kartu anggota perpustakaan,” pungkas Ramadhan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP, mengatakan minat baca di Provinsi Kalimatan Selatan cukup tinggi dan semakin membaik.

“Alhamdulillah tidak ada beda, baik hari biasa maupun akhir pekan perpustakaan pal enam tetap ramai,” kata Bunda Nunung sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

“Prokes tentu tidak boleh abai, petugas dan masyarakat diharapkan dapat sama-sama menjaga, karena kita masih dilanda pandemi Covid-19,” tegasnya.

Cukup tinggi yah minat baca di kalsel ini, dengan tumbuh suburnya komunitas-komunitas membaca,” ujarnya melalui sambungan telepon kepada Liputan4.com.

Selain membaca berbagai buku yang menjadi koleksi perpustakaan itu, pengunjung juga membaca sejumlah koran, baik terbitan lokal maupun nasional. Hingga saat ini,  ribuan buku menjadi koleksi perpustakaan setempat.

Selain itu, katanya, beberapa pengunjung juga memanfaatkan layanan internet nirkabel yang disiapkan secara terbuka dan gratis oleh pengelola perpustakaan.

“Ada juga yang berlama-lama di sini karena memanfaatkan wifi untuk mencari berbagai informasi,” katanya.

Ada juga, katanya, di antara mereka terlihat sudah berjanji terlebih dahulu untuk bertemu di perpustakaan setempat untuk melakukan diskusi. “Ia mengatakan masyarakat setempat mengunjungi perpustakaan setempat rata-rata dua hingga tiga jam per hari,” pungkasnya.

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications