Lurah Manjangloe Tamalatea Berikan Contoh Penanganan Limbah Rumah Tangga Sederhana

Lurah Manjangloe Tamalatea Berikan Contoh Penanganan Limbah Rumah Tangga Sederhana

Liputan4.Com, Jeneponto_ Patut di apresiasi dan percontohan penanganan limbah rumah tangga yang pembuatannya sangat sederhana namun memiliki manfaatnya yang cukup besar.

M.Ilham Lewa yang akrab disapa warga karaeng Tumpu selaku lurah Manjangloe membuat inovasi menjaga kesehatan lingkungan pencegahan pencemaran lingkungan dan penyebaran penyakit.


” Kebanyakan warga Manjangloe itu menggunakan rumah panggung yang saluran pembuangannya langsung ke tanah (permukaan) dan tergenang  di bawah kolong rumah sehingga memunculkan ide kami buat palisa (pembuangan air limbah sederhana) ” ucap Pak Lurah.

Inovasi ini adalah salah satu bukti bahwa kel.manjangloe ikut mendukung program kabupaten sehat dengan harapan saya,mudah- mudahan limbah cair rumah tangga mampu kita tangani bahkan dimanfaatkan.

Terpisah Camat Tamalatea Haeruddin Limpo saat di konfirmasi menyatakan support luar biasa, hal ini akan menjadi percontohan bagi desa dan kelurahan yang lain untuk mengikuti jejak lurah manjangloe” tutur Camat.

Turut hadir dalam pembuatan Palisa dalam masa percobaan yakni Lurah Manjangloe, Bagian Sanitasi Puskesmas Tamalatea, Lingkungan setempat dan Dinas Kesehatan Jeneponto.

Pembuatan Palisa ini masih dalam tahap uji coba di dua lingkungan diantaranya lingkungan Manjangloe  rumah Rinawati dan lingkungan Jatia rumah milik Zaenab.

Dari penjelasan lurah Manjangloe Ilham Lewa pembuatan Palisa ini cukup sederhana dan memanfaatkan barang bekas seperti ,ban bekas, seng bekas sedikit pasir dan kerikil, caranyapun sangat mudah yakni dilakukan penggalian sedalam 120 cm, dengan diameter seukuran ban bekas tadi, kemudian alas bawah di lapisi pasir, kerikil dan karung bekas, adapun material bahan yang membutuhkan biaya adalah pipa 2 inci sebatang dan sambungan tiga buah. Tutup Pak Lurah.

Kepala puskesmas Tamalatea Abidin sangat mendukung ide lurah Manjangloe, Abidin berharap semoga para tetangga dan masyarakat luas dapat meniru terobosan inovasi dari Ilham Lewa agar program kabupaten sehat dapat cepat terealisasi, ” tutur Abidin singkat.