Disbunnak Prov Kalsel Gelar Kegiatan Bimtek Bagi Petani Kopi Di Dua Tempat Kabupaten.

Disbunnak Prov Kalsel Gelar Kegiatan Bimtek Bagi Petani Kopi Di Dua Tempat Kabupaten.

Disbunnak Gelar BIMTEK Petani Kopi

Liputan 4.com – Martapura.


Dalam rangka upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani kopi dalam hal upaya melakukan pengolahan sekaligus untuk meningkatkan nilai tambah dan mutu pengolahan kopi, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pengolahan Hasil Kopi di dua tempat Kabupaten, yaitu Kelompok “Tani Bunga Mawar” Yang berlokasi di Desa Takuti Kecamatan Mataraman dan Kelompok Tani “Berkat Sabar” Desa Abirau Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kelompok Tani “Tani Makmur” Desa Asri Mulya Kecamatan Jorong dan Kelompok Tani “Rakat Mufakat” Desa Batilai Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut pada tanggal 17 s.d 18 Nopember 2021 tadi.

Selain memberikan bimbingan tentang pengolahan hasil kopi, masing masing Kelompok Tani tersebut juga diberikan bantuan berupa alat mesin pengolahan biji kopi berupa, 1 buah mesin pulper, 1 buah mesin pengupas kopi kering, 1 buah mesin sangrai (roasting kopi), 1 buah mesin gilingan kopi dan 1 buah mesin continuous sealer.

Bekerjasama dengan Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Pontianak selaku pemberi bantuan pengadaan fasilitasi pengolahan kopi, berupa alat mesin pengolahan kopi sekaligus menjadi Narasumber dalam acara kegiatan tersebut, Hadir juga pada kegiatan acara bimtek ini Dinas yang membidangi perkebunan Kabupaten dan perwakilan dari Balai Penyuluhan Kecamatan setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Disbunnak prov kalsel yang diwakili oleh kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan dan Pemasaran, Muhammad Rusli menyampaikan, “agar melalui Bimtek ini, kelompok tani memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk dapat meningkatkan mutu serta kualitas biji kopi dan hasil olahannya agar berstandar sesuai keinginan pasar dan dapat menyajikan kopi dengan cita rasa yang berkelas,” Ujar rusli.

Selain tahapan cara pengolahan, tahapan sortasi dan pemutuan, tahapan roasting/penyangraian dan uji citarasa merupakan tahapan lainnya pada proses pascapanen kopi yang disampaikan dalam kegiatan ini yang membuat para peserta memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar,”tambahnya.

Antusiasme para peserta terlihat dari ramainya diskusi dan tanya jawab selama kegiatan ini berlangsung sehingga membuat kegiatan Bimtek ini semakin menarik.

Ditambahkan oleh Kadisbunnak prov kalsel drh.Hj Suparmi MS mengharapkan agar kedepannya nanti “Kopi di Kalimantan Selatan nantinya bisa menguasai pasar lokal. Atau bahkan bisa sampai menembus pasar nasional dan internasional. Tentunya perlu didukung dengan peningkatan produksi dan produktifitas kopi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” Ujar Suparmi. Disbunnak Prov Kalsel Gelar Kegiatan Bimtek Bagi Petani Kopi Di Dua Tempat Kabupaten.(Irwan L4/Disbunnak Kalsel).