Di Rujab Bupati Wajo, H. Amran Mahmud Terima Kunjugan Dari PT Dunia Pangan Gosyen Jakarta, Ini yang dibahas

Reporter: REDAKSI Topik: Pemerintahan, Ekonomi & Bisnis, Sulawesi Selatan
  • Bagikan
Di Rujab Bupati Wajo, H. Amran Mahmud Terima Kunjugan Dari Pt Dunia Pangan Gosyen Jakarta, Ini Yang Dibahas

LIPUTAN4.COM, WAJO –  Di Sela-sela Waktu Liburnya demi pemanfaatan asset RPC (Rice Processing Center) guna membantu para petani khususnya petani padi/beras dan meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Wajo pada umumnya.  Bupati Wajo H. Amran Mahmud menerima kunjungan dari Direktur PT Dunia Pangan Gosyen Jakarta, Ibu Maria Gultom, Direktur PT  Gosyen Sejahtera Utama, Nona Lily Putri dan Direktur Media Liputan4.com, Bapak Wahyuddin, SE bersama dengan rombongannya di Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Wajo (15/11/2021).

Di Rujab Bupati Wajo, H. Amran Mahmud Terima Kunjugan Dari Pt Dunia Pangan Gosyen Jakarta, Ini Yang Dibahas


Tujuan dari kunjungan tersebut adalah bahwa dimana Bupati Wajo Siap untuk melakukan kolaborasi dengan PT. Dunia Pangan Gosyen dibidang Pertanian khususnya petani padi/beras.

Turut hadir dalam pertemuan yaitu Kepala Dinas PPKUKM (Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Wajo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Kabupaten Wajo

Amran Mahmud mengatakan bahwa Rice Processing Center (RPC) yang terletak di Anabanua, Kecamatan Maniangpajo adalah pabrik penggilingan beras terbesar dan tercanggih pada zamannya, yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Wajo.

Hanya saja, pemanfaatan RPC Kabupaten Wajo, belum maksimal dan belum mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) hingga kini.

Pembangunan RPC dilaksanakan Pemkab Wajo pada tahun 2004 silam, pada zaman pemerintahan Bupati, H.Naharuddin Tinulu. Aset senilai Rp32 miliar tersebut hingga kini belum memberikan kontribusi, bahkan terancam menjadi besi tua.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah kabupaten Wajo berencana untuk memanfaatkan asset RPC tersebut, dengan tujuan utamanya adalah membantu para petani khususnya petani padi/beras meningkatkan ekonominya dan meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten wajo pada umumnya, agar nantinya hasil panen masyarakat dapat di tampung, di beli oleh pemerintah Kabupaten wajo sendiri.

“Dalam pemanfaatan RPC ini, tujuan utamanya adalah membantu petani, bagaimana kita menampung, membeli hasil hasil panennya agar tidak lagi keluar, ungkap Pak Amran.

Bupati Wajo, H. Amran Mahmud meminta kepada instansi terkait agar melakukan kajian tentang pemanfaatan dari Kompleks Pengelolaan Beras ini. Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan Kompleks ini sebagai kawasan pergudangan untuk mendukung salah satu program Pemerintah kabupaten Wajo yakni Resi Gudang, namun sebelum itu berjalan, Asset RPC tersebut terlebih dahulu di perbaharui ke  yang lebih canggih agar.

Di Rujab Bupati Wajo, H. Amran Mahmud Terima Kunjugan Dari Pt Dunia Pangan Gosyen Jakarta, Ini Yang Dibahas

“Namun agar tujuan itu bisa tercapai maka harus dikawal dengan beberapa Dinas dan tentunya berkolaborasi dengan Instansi terkait baik pemerintah maupun swasta, khususnya dua Dinas di kabupaten Wajo  yaitu Dinas Sarana dan prasarana Kabupaten Wajo sebagai HULUnya, dan Dinas PPKUKM (Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah) Kabupaten Wajo sebagai HILIRnya” Jelasnya.

“Kondisi ini tentu membuat kita prihatin, aset senilai 32 Milyar tersebut dengan luas lahan pertanian ± 119.000 Ha yang  sampai saat ini belum memberikan kontribusi terhadap Pendapata Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wajo, melainkan dimanfaatkan oleh daerah tetangga, contohnya saja Panen Rayanya Kabupaten Sidrap ada di Kabupaten Wajo“ ujar Pak Amran.

Direktur Utama PT Dunia Pangan Ibu Maria Gultom mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Kabupaten Wajo H. Amran karena menerima Kunjungannya di waktu hari Minggu yang tentunya adalah waktu Isrirahat, namun terlepas dari semua itu  guna melakukan kolaborasi dan semoga dalam waktu dekat ini melakukan MOu dari segi Market/Pasar terkait pemanfaatan RPC agar nantinya Pendapatan masyarakat petani padi/beras  Kabupaten Wajo khususnya dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Wajo umunnya dapat meningkat.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Bupati dengan diterimanya kunjungan kami di waktu hari libur, dan Kami siap berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Wajo terkait pemanfaatan RPC  dari segi Marketnya/ Pasarnya” Ucap Bu Maria.

“Selain di Bidang Pertanian dalam hal ini PT Dunia Pangan Gosyen, kami juga siap berkolaborasi di bidang Perdangan Alat Kesehatan dalam hal ini PT Gosyen Sejahtera Utama, guna pemenuhan Alat-Alat Kesehatan yang ada di Unit Pelayanan Kesehatan, khususnya di Rumah Sakit yang ada Kabupaten Wajo” Tambah Bu Maria.

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan