"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Dalami Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, Kejari HSU Periksa Kabag Umum Setdakab HSU

  • Bagikan
Dalami Dugaan Penyalahgunaan Wewenang, Kejari HSU Periksa Kabag Umum Setdakab HSU

Liputan 4.com – Amuntai.

KEJAKSAAN Negeri Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Bagian Umum  Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Hulu Sungai Utara. Proses klarifikasi sekaligus mengorek keterangan ini diduga adanya kasus penyalahgunaan wewenang.

KEPALA Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari HSU Rudi Firmansyah di Amuntai, Senin (5/3/2021), mengatakan pemeriksaan terhadap pejabat di Bagian Umum Setdakab HSU tersebut, berdasaradanya laporan masyarakat (Ladumas) kepada instansinya.

“Kami terima laporan dari masyarakat, makanya jaksa bidang intelijen pun melakukan klarifikasi, atau wawancara terbuka dan tertutup kepada pejabat di Bagian Umum Setdakab HSU terkait adanya dugaan penyalahgunaan wewenang yang berpotensi adanya tindak pidana korupsi di bagian umum,” ucap Rudi Firmansyah.

Ia menjelaskan pihaknya melakukan wawancara secara terbuka dan tertutup kepada para pihak terperiksa untuk dideteksi beberapa kegiatan kemudian dianalisis, apakah ada unsur melanggar hukumnya. “Laporan ini masih kita dalami. Ini mengingat waktu kerja, jaksa intelijen dibatasi waktu kurang lebih 30 hari, baru kami ambil sikap,” kata Rudi.

Nah, jika ditemukan alat bukti yang cukup, Rudi mengatakan dalam tempo 40 hari ke depan, akan diserahkan ke Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari HSU sesuai ketentuan, atau seksi lainnya untuk pencegahan dan penindakan. “Deteksi awal memang adanya penyalahgunaan wewenang,” tegasnya.

Rudi menjelaskan deteksi melakukan  pendalaman  semua mata anggaran di Bagian Umum Setdakab HSU. Termasuk, pemeriksa etika beberapa aparatur sipil negara (ASN) di bagiam umum. Sebab, menurut dia, laporan pengaduan masyarakat (ladumas) juga membahas etika etika ASN. “Apakah ada penyalahgunaan wewenang Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) Setdakab HSU atau tidak, masalah disiplin masuk atau tidaknya ASN. Ya, kasih waktu kami melakukan rangkaian deteksi dini,” paparnya.

Ia pun meneagskan jumlah kerugian (negara) belum bisa menyimpulkan, karena berdasar domain, pihak seksi intelijen kejaksaaan hanya mendalami pelaporan apakah ada perbuatan melawan hukum. “Soal masalah kerugian negara itu, akan ditangani seksi tindak pidana khusus yang akan melakukan pemeriksaan, setelah nanti berkas laporan ini dilimpahklan,” pungkasnya.(Liputan 4.com).

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

27
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0