PPDB KOTA MEDAN 2022

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 09/Sosa Dan Bhabinkamtibmas Polsek Sosa Gelar Patroli

Cegah Karhutla, Babinsa Koramil 09/Sosa Dan Bhabinkamtibmas Polsek Sosa Gelar Patroli

Liputan4.com.  Padang Lawas
Padang Lawas-Cegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Koramil 09/Sosa Kodim 0212/ TS dipimpin Serka Hermanto Lubis melaksanakan patroli kebakaran Karhutla bersama Bhabinkantibmas dan Manggala Agni keareal perkebunan milik warga di Desa Papaso, Kecamatan Sosa Timur,Kabupaten Padang lawas (Palas).

Tim Karhutla ini melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pekerja kebun milik perusahaan dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


Serka Hermanto Lubis mengatakan,kegiatan patroli karhutla tetap dilakukan di sejumlah titik rawan yang berpotensi kebakaran seperti di seputaran perkebunan masyarakat dan perkebunan perusahaan untuk antisipasi kebakaran.

Dikatakan ,mengingat kondisi kemarau saat ini untuk wilayah Palas sekitarnya tidak turunnya hujan dalam beberapa pekan terakhir sehingga cuaca yang cukup ekstrim dan panas perlu diantisipasi dari kebakaran hutan dan lahan.

Kami menghimbau masyarakat,lanjutnya, dalam mengelola lahan yang akan dijadikan lahan perkebunan dan lainnya tidak melakukan pembakaran baik dalam skala kecil ataupun besar.

“Kepada pekerja kebun dan pemilik lahan serta pihak perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan diharapkan tidak melakukan penebangan pohon secara sembarangan dan melakukan pembakaran yang dapat menimbulkan kebakaran,” imbau kepada pekerja kebun yang melaksanakan aktivitas kegiatan diarena perkebunan, Senin (16/05/2022).

Dikegiatan pelaksanaan patroli tersebut, sambungnya, selain guna mencegah terjadinya karhutla juga terjalinnya silahturahmi dan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan dan Babinsa.

Terpisah, Danramil 09/Sosa Kapten, Cpl MS Nasution mengatakan,’ kegiatan itu dilaksanakan guna mengantisipasi karhutla di wilayah Binaan Koramil 09/Sosa.

Ia mengimbau, masyarakat dan pihak perusahaan yang memiliki lahan perkebunan serta para pekerja kebun dapat mewaspadai dan selalu menginformasikan kepada pihak Koramil apabila melihat adanya orang yang ingin merusak hutan dan melakukan pembakaran dengan skala besar.

“Hal ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini disejumlah titik area rawan kebakaran yang dirangkai dengan sosialisasi pencegahan dan melakukan pemadaman dini guna mewujudkan sinergitas unsur pemerintah desa beserta kecamatan. (Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email