Liputan 4.Tanah Laut.
Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta kembali menerima  penghargaan nasional Manggala Karya Kencana Tahun 2021 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan itu diberikan pada acara Gebyar Penghargaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Tahun 2021 dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 secara virtual, di Ruang Barakat Setda Tala, Senin (28/6).

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kepala BKKBN Nomor 71/KEP/G2/2021 tentang Penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana Tahun 2021.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diterima Bupati Tanah Laut HM Sukamta karena dinilai mempunyai dedikasi, komitmen, dukungan dan dharma baktinya dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh kepala daerah yang terus mendukung dan mendorong Program Bangga Kencana,  sehingga dapat memberi kemanfaatan yang besar dalam meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

“Saya memberikan apresiasi kepada gubernur, bupati atau walikota serta Tim Penggerak PKK yang telah begitu peduli terhadap perkembangan Program Bangga Kencana. Program nasional ini tidak mungkin hanya dijalankan oleh BKKBN semata namun harus bersamaan, bahu membahu antar kementerian lembaga, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah,” kata Wasto Wardoyo.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut HM Sukamta yang merupakan langganan penghargaan tingkat nasional menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terus mendukung laju Program Bangga Kencana di Kabupaten Tanah Laut.

“Ini sebagai kerja keras kita bersama jajaran DP2KBP3A beserta seluruh kader, penyuluh KB. Semoga dengan penghargaan ini kerja kita semakin bersemangat dalam menyesuaikan program-program keluarga berencana di Kabupaten Tanah Laut,”ujar bupati

Lebih lanjut Sukamta menyampaikan,  kedepan akan mengikutkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut dalam kategori Manggala Karya Kencana.

Kedepan, sebut dia, Pemkab Tanah Laut mengincar penghargaan pada kategori Keluarga Teladan dan kategori Penyuluh Keluarga Berencana Teladan.

Bupati mengajak masyarakat Kabupaten Tanah Laut untuk mengikuti program keluarga berencana.

“Untuk pasangan usia subur, mari kita lakukan program keluarga berencana karena berencana itu keren,”tegas bupati.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta menjadi satu-satunya kepala daerah di Kalimantan Selatan meraih penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021 dari BKKBN RI.(GT.Zubaidi/Indra).