Wakil Ketua Komisi 8 Fraksi PKB, Marwan Dasopang Resmikan Gedung PLHUT Palas

Wakil Ketua Komisi 8 Fraksi Pkb, Marwan Dasopang Resmikan Gedung Plhut Palas

 

Liputan4.com. Sumut
PALAS-Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi PKB, Marwan Dasopang M.Si meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) di lokasi Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Palas, Selasa (8/3/ 2022).


Pembangunan gedung PLHUT di Kabupaten Padanglawas ini bersumber dari anggaran dana pusat tahun 2019 lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR -RI, Marwan Dasopang mengatakan, ibadah haji bukan sekedar ritual semata, tetapi lebih dari itu yang berkaitan dengan nilai kemanusiaan dan persaudaraan dan toleransi.

Wakil Ketua Komisi 8 Fraksi Pkb, Marwan Dasopang Resmikan Gedung Plhut Palas

 

“Gedung ODHA bukan sekadar untuk menampung dan melayani jemaah haji, tapi bisa dimanfaatkan sebagai sarana syiar Islam Washatiyahm,” sebutnya.

Menurutnya, gedung ini merupakan salah satu pemahaman keagamaan, sehingga tugas Kementerian Agama semakin tertantang untuk menyebarluaskan moderasi agama di kabupaten Palas.

Ia berharap, dengan adanya gedung PLHUT yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan baik oleh pemerintah dan masyarakat sehingga dapat berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Marwan Dasopang juga menjelaskan, tahun ini pelaksanaan haji bisa terwujud meskipun masih menunggu keputusan resmi dari Kerajaan Arab Saudi.

Kata Marwan Dasopang, pihak Kementerian Agama sampai saat ini tetap melakukan sejumlah persiapan bagi calon jemaah haji, salah satunya dengan memberikan vaksin kepada calhaji.

“Jika pelaksanaan ibadah haji tahun ini terlaksana, maka sudah langsung bisa tindakan untuk berangkat ketanah suci Mekkah bagi calon jemaah haji,” tambahnya.

Selain meresmikan Gedung PLHUT di Kabupaten Palas, Wakil Ketua Komisi VIII melakukan kunjungan ke Ponpes Syakira Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun yang dipimpin H.Maskur Subhan Daulay S.Pdi.

Dikesempatan itu, ia memberikan bantuan nomor pengurus pondok pesantren sekaligus bersilaturahmi dewan guru dan santri.

Sekda Padanglawas, Arpan Nasution mengucapkan terima kasih kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI.

“Bapak Plt Bupati tidak dapat hadir di kegiatan peresmian gedung PLHUT karena berada di luar daerah,” katanya.

“Terima kasih atas kontribusi H.Marwan Dasopang yang telah menguatkan gedung PLHUT di Kabupaten Palas,” ujar Sekda.

Sekda juga berharap, Wakil Ketua DPR -RI untuk terus mendukung pembangunan di Kabupaten Palas seperti bencana banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam.

“Ada beberapa desa yang terkena dampak banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam hingga memporak porandakan rumah warga,” ujar Arpan.

Dasopang Wakil Ketua DPR RI berharap bisa memperkuat pemerintah daerah untuk membangun desa pasca bencana di daerah ini agar dapat membangun kembali untuk masyarakat.

Hadir dikegiatan peresmian PLHUT di Kabupaten Palas, Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan MA dan jumlah Pimpinan Ponpes se Kabupaten Palas.(Sbn)

Print Friendly, Pdf & Email