Tumbuhkan Minat Baca WBP, Kadispersip Kalsel Tandatangani Kerjasama Perpustakaan Dengan Karutan Kelas IIB Pelaihari

Reporter: Tornado Topik: Kalimantan Selatan, Pemerintahan, Pendidikan
  • Bagikan
Tumbuhkan Minat Baca Wbp, Kadispersip Kalsel Tandatangani Kerjasama Perpustakaan Dengan Karutan Kelas Iib Pelaihari

Liputan 4.com, Banjarmasin – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan menjalin kerjasama dengan Rumah Tahanan Negara (rutan) Kelas IIB Pelaihari yang diresmikan lewat penandatanganan kerjasama Perpustakaan, pada Rabu (1/9).

Melalui kerjasama yang ditandatangani oleh Kepala Dispersip Kalsel dan Karutan kelas IIB Pelaihari, akan disediakan layanan perpustakaan bagi petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Pelaihari.


Penandatanganan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani Dardie M.AP didampingi Sekretaris Dr M Ramadhan SE ME Ak CA, dan Kasi Pelayanan Kearsipan Ermawati A.Md dengan Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Pelaihari, Budi Suharto, Amd. IP., M.H dan pejabat struktural jajaran rutan bertempat di Kantor Dispersip Palnam

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Kalimantan Selatan Dra Hj Nurliani Dardie M.AP menyampaikan kegiatan penandatanganan ini dilatarbelakangi untuk pemenuhan kriteria standarisasi perpustakaan, beber Bunda Nunung sapaan akrab Kadispersip Kalsel ini.

“Kerjasama ini merupakan langkah kami yang mengarah kepada standarisasi perpustakaan, jelas Bunda Nunung

Lebih lanjut, Bunda Nunung mengatakan dengan terlaksananya kerjasama ini pihak Dispersip Palnam akan memfasilitasi layanan perpustakaan di Rutan Kelas IIB Pelaihari baik untuk petugas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

“Dan pastinya Karutan kelas II B Pelaihari juga menjadi anggota perpustakaan serta menikmati seluruh pelayanan yang ada d sini,” ujar Bunda Nunung.

Selain penandatangan kerjasama, Kalapas Rutan kelas IIB Pelaihari juga mendukung Proyek Perubahan Kadispersip Prov Kalsel “Strategi Merangkul Stakeholder dalam rangka meningkatkan minat baca di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama Perpustakaan antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan dan Rutan Kelas IIB Pelaihari, selain itu Bunda Nunung juga mengajak Karutan beserta rombongan melihat ruang baca perpustakaan dan pembuatan kartu anggota perpustakaan yang proses pembuatannya tergolong cepat dari pemotretan hingga proses kartu anggota dicetak. Selain ruang baca utama perpustakaan yang terletak dilantai atas rombongan juga diajak menilik ruang perpustakaan anak, dimana aspek keamanan serta ramah anak menjadi nilai tambah bagi Dispersip dalam meningkatkan minat baca baik dewasa maupun anak.

Kedepannya melalui kerjasama ini, Karutan Kelas IIB Budi Suharto, berharap layanan perpustakaan ini bisa merata dirasakan oleh WBP Satker Pemasyarakatan diseluruh Kalimantan Selatan untuk membantu para Pembina WBP di UPT dalam memberikan informasi melalui peningkatan minat baca dari layanan perpustakaan yang diberikan.

“Semoga kerjasama semacam ini dapat meningkatkan minat baca, pengetahuan dan keterampilan para warga binaan,” jelas Budi Suharto.

Tumbuhkan Minat Baca Wbp, Kadispersip Kalsel Tandatangani Kerjasama Perpustakaan Dengan Karutan Kelas Iib Pelaihari

Sebagaimana diketahui, kerjasama ini sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan. (Nd/L4).

Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan