PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Sukses Gelar Pilkades di Tengah Pandemi Covid-19. Lotim Akan Menjadi Referensi Pilkades Nasional.

Pewarta: Makbul Topik: NTB, Pilkades
  • Bagikan
Sukses Gelar Pilkades di Tengah Pandemi Covid-19. Lotim Akan Menjadi Referensi Pilkades Nasional.
Foto : H.M.Hairi,M.Si (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kab.Lombok Timur-NTB)

Liputan4.Com – Lombok Timur – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) M.Hairi,M.Si turun lansung kebeberapa TPS(Tempat Pemungutan Suara) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada 129 Desa yang melakukan Pilkades di tahun 2021 ini.

Kepada Wartawan M.Hairi menjelaskan pelaksanaan Pilkades pada 129 Desa se Kabupaten Lombok Timur, berjalan dengan aman dan lancar serta antusiasme masyarakat untuk memilih sangat tinggi.

“Alhamdulillah setelah kami memantau ke TPS-TPS yang ada, Pilkades ini berjalan dengan lancar dan masyarakat pemilih saya lihat cukup taat dengan Protokol Kesehatan dan petugas TPS memakai APD lengkap serta animo pemilih cukup tinggi karena dari temuan kami di TPS sebelum jam 12, masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya capai 80 persen,”ungkap M.Hairi kepada Wartawan di Kantor Desa Kotaraja saat memonitor Pilkades di Desa setempat. Rabu (28/07/2021)

M.Hairi juga menambahkan Pilkades serentak di Kabupaten Lombok Timur, menjadi satu-satunya Pilkades di Indonesia yang diselenggarakan di masa pandemic Covid-19. Sehingga penyelenggaraannya dimonitor langsung oleh Dirjen Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Virtual.

“Memang sesuai dengan Instruksi Mendagri No. 26 tahun 2021, kita tidak boleh mengumpulkan massa termasuk Pilkades bisa dianulir oleh Mendagri, tetapi dari data-data yang kami sampaikan, H-2 kami dapat rekomendasi dari Kemendagri dengan satu syarat Pemda Lotim melakukan Zoom Mieting dari beberapa sempel TPS, dan Alhamdulillah TPS yang kami tunjuk yakni TPS 11 di Desa Lenek dan TPS 7 di Desa Sukamulia, yang langsung dimonitor oleh Kemendagri dan Alhamdulillah tidak ada teguran dari Kemendagri, karena Prokes kita berjalan dengan ketat,”terang Hairi.

Bahkan menurut M.Hairi pihak Kementerian mengapresiasi pelaksanaan Pilkades di Lombok timur yang berjalan dengan baik dan sukses ditengah pandemic Covid-19.

“Alhamdulillah Kementerian tadi lewat Zoom Meeting mengapresiasi kita, dan Pilkades di Kabupaten Lombok Timur akan dijadikan pilot proyek Nasional. Inilah Pilkades di tengah pandemic, kalau bisa berhasil akan menjadi contoh atau referensi bagi desa-desa lain di Indonesia dalam pelaksanaan Pilkades,”pungkas M.Hairi. (Bul)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan