Simpatisan Yakin RM Menang Dikandang AS

Simpatisan Yakin Rm Menang Dikandang As

Liputan4.com, Morowali – LANTARAN tidak cukup persyaratan untuk mengikuti ajang Pilkada Gubernur Sulawesi Tengah, pasangan Anwar Hafid dan Sigit Purnomo Said atau dikenal dengan tagname AS harus menunggu kesempatan lima tahun lagi.

Padahal dari pantauan media ini, pasangan AS memiliki cukup banyak simpatisan dan menjadikan Kabupaten Morowali sebagai basis utamanya.


Pilkada Gubernur Sulawesi Tengah hanya menyuguhkan dua pasangan calon saja, yakni Rusdi Mastura-Mamun Amir melawan Hidayat Lamakarate-Barthomoleous Tandigala (Hebat).

Lalu kemanakah pendukung AS akan melabuhkan pilihan? Sampai saat ini belum ada rilis atau pernyataan resmi baik dari AS sendiri maupun dari Ketua Tim Pemenangan AS terkait hal tersebut. Walaupun secara garis kepartaian, partai-partai pengusung dan pendukung AS telah mengalihkan dukungan ke pasangan Rusdi Mastura-Mamun Amir (RM).

Gemuruh golput di sosial media pun menyeruak akhir-akhir ini. Seruan tersebut tentu berasal dari barisan pendukung calon yang tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri.

Berbagai statement di sosial media menyebutkan bahwa di Kabupaten Morowali yang menjadi kandang basis AS, angka golput diprediksikan akan sangat tinggi.

Ringkasnya, pasca gagalnya AS mencalonkan secara resmi, pendukung AS terbagi atas tiga opsi, memilih pasangan RM, Hebat atau golput.

Meskipun ada kemungkinan banyaknya pemilih golput di Kabupaten Morowali, Abdul Rohman (35), salah seorang pendukung RM yang tinggal di Desa Bumi Harapan, mengatakan bahwa pemilih golput tidak akan mempengaruhi perolehan suara pasangan RM.

“Golput tidak akan berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara RM. Wajib pilih Morowali sekitar 80 ribuan, angka golput tidak akan sampai kepada 10 persen dari wapil yang ada,” papar Abdul Rohman.

Abdul Rohman menambahkan bahwa kinerja Bupati Morowali, Taslim, yang juga adalah Ketua DPD Nasdem akan berpengaruh terhadap perolehan suara RM di Morowali.

Menurut Abdul Rohman, keberhasilan Taslim dibeberapa sektor pembangunan saat ini akan mampu menggenjot dukungan masyarakat Morowali kepada RM.

“RM akan menang hingga lebih dari 50 persen wajib pilih yang ada di Morowali. Keberhasilan pak Taslim sebagai Bupati dibeberapa sektor, misalnya pengaspalan, akan menarik suara untuk RM di Morowali,” terang Abdul Rohman.

Untuk di desanya sendiri, Abdul Rohman mengatakan akan memenangkan pasangan RM hingga 50 persen dari total wajib pilih yang ada di Desa Bumi Harapan.

Kepada media ini, Abdul Rohman menuturkan bahwa Rusdi Mastura memiliki trackrecord merakyat dan memiliki kepiawaian dalam memimpin.

“Rusdi Mastura sukses memimpin kota Palu. Kesuksesannya itu dapat menjadi barometer bahwa beliau akan mampu memimpin Sulteng kedepan,” Tutur Abdul Rohman, 18/09/2020.

Hal serupa juga disampaikan oleh salah seorang pendukung pasangan RM di Kabupaten Morowali, Maad Lahasan (40), menyebutkan bahwa Rusdi Mastura adalah figur tepat untuk memimpin Sulawesi Tengah kedepan.

Selain merakyat, ungkap Maad Lahasan, Rusdi Mastura juga sarat akan pengalaman kepemimpinan.

“Menjadi walikota itu tidak gampang. Apalagi sampai dua periode. Bapak Rusdi Mastura ini pengalamannya dalam memimpin tidak diragukan lagi,” tutur Maad Lahasan.

Menurut Maad Lahasan, pasca batalnya pasangan AS mencalon, RM akan menang di Morowali yang dianggap sebagai kandang dan kantong suara AS.

“Pasca batalnya AS bertarung, saya yakin RM menang di Morowali. Kita semua tahu bahwa Bupati Morowali saat ini adalah Ketua DPD Nasdem yang mengusung RM. Itu menjadi indikator utama yang menjadikan saya yakin bahwa RM akan menang besar di daerah ini,” papar Maad Lahasan yang ditemui media ini dikediamannya di Desa Moahino Kecamatan Witaponda, 18/09/2020. # (L4BMST)