Puasa Bukan Halangan Kader TB Care Aisyiyah Jeneponto Cari Penderita TB

Jeneponto– di bulan Ramadhan ini, bukan menjadi halangan bagi kader TB Care Aisyiyah Jeneponto untuk mencari suspek penderita TB.

Hal ini terlihat kader TB Care Aisyiyah Jeneponto melakukan investigasi kontak di rumah-rumah warga, Jl Pabbiringa Binamu Jeneponto. Rabu, 22/5/2019.


Kepala program Community TB-HIV Care Aisyiyah jeneponto, Syahridha mengatakan “Alhamdulillah di bulan puasa ini Kader TB-HIV Care Aisyiyah Jeneponto tetap semangat mencari penderita TB dengan cara investasi kontak.

Para kader mendatangi rumah warga untuk mencari tau apakah ada diantara warga sekitar yang memiliki riwayat atau tanda dan gejala TB, seperti batuk berdahak diatas dua minggu, keringat dingin malam hari, nafsu makan kurang.

Nah, kalau ada yang ditemukan memiliki gejala tersebut, kader mengarahkan untuk melakukan pemeriksaan dahak di layanan kesehatan. Ungkap syahridha

Lanjut syahridha, apabila pemeriksaan dahak di nyatakan positif TB, maka selanjutnya kader TB Aisyiyah mendampingi pengobatan sampai tuntas.

“Inilah yang dilakukan selama ini kader TB Care Aisyiyah. Yakni mencari penderita TB, membawa ke layanan kesehatan tuk memeriksakan dahaknya, kalau positif maka di obati dan di dampingi pengobatan nya sampai tuntas selama enam bulan”. Ujar Syahridha yang juga Kandidat Doktor Ilmu Kedokteran Unhas.

Penyakit TB merupakan penyakit menular yang membahayakan bahkan mematikan. Penyakit ini menyerang paru-paru dan menular melalui udara dari percikan droplet penderita.