Pemkab Lotim NTB Raih Penghargaan DAK Fisik Terbaik Nasional 2021

Pemkab Lotim Ntb Raih Penghargaan Dak Fisik Terbaik Nasional 2021

LOMBOK TIMUR |  Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menerima Plakat penghargaan peringkat pertama sebagai kabupaten kinerja DAK Fisik terbaik nasional tahun 2021  dari Kementerian Keuangan.‎

Penghargaan dengan melakukan penyerahan oleh Kepala KPPN Selong,Yuspartinah kepada Sekda Lotim,HM.Juani Taufik di ruang kerjanya, Senin (07/03/2023).


Sekda mengatakan ‎pencapaian Pemkab Lotim sebagai peringkat pertama dalam penilaian kinerja pengelolaan DAK Fisik nasional tahun 2021 merupakan motivasi untuk bekerja lebih cepat dan tepat.

Karena ini  merupakan bonus atas kinerja seluruh pihak, terutama OPD dengan DAK Fisik terbaik seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kesehatan.

” Penghargaan ini merupakan bonus atas penilaian kinerja tahun 2021 lalu,” jelasnya.

Menurutnya,  tidak hanya ketepatan, kecepatan dalam penyaluran DAK Fisik juga menjadi penting. Karena mengingat semakin cepat pembangunan fisik rampung, praktis akan mempercepat pemanfaatannya oleh masyarakat serta berdampak terhadap sektor lainnya, termasuk ekonomi masyarakat.

Selain itu pihaknya juga mengingatkan belanja Pemerintah masih menjadi penggerak utama perekonomian masyarakat di daerah ini. Karena keberhasilan Lotim  meraih peringkat pertama kinerja pengelolaan DAK Fisik tersebut. Jadi yang kita harapkan peningkatan mutu pengelolaan juga harus terus ditingkatkan agar tahun ini kita bisa capai kembali.

” Lotim  memenuhi indikator penilaian meliputi realisasi penyaluran DAK dari Kas Umum Negara ke rekening Kas Umum Daerah, Penyampaian laporan realisasi belanja DAK, serta efektivitas penggunaannya, termasuk penyampaian APBD dan jumlah kontrak,” tandasnya.(red)

Print Friendly, Pdf & Email