"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Pemda.Sumsel Belajar Rehabilitasi Daerah Irigasi Secara Partisipatif Ke Lombok Timur,NTB.

  • Bagikan
Pemda.Sumsel Belajar Rehabilitasi Daerah Irigasi Secara Partisipatif Ke Lombok Timur,NTB.

Liputan4.Com – Lombok Timur – Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air(PSDA) melakukan kunjungan kerja Ke Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) untuk belajar tentang Rehabilitasi Daerah Irigasi Secara Partisipatif, sampai ke kelembagaan petani secara baik. Karena Kabupaten Lombok Timur, mampu melakukan hal tersebut dengan baik. Kamis (05/11/2020).

Pemda.Sumsel Belajar Rehabilitasi Daerah Irigasi Secara Partisipatif Ke Lombok Timur,NTB.
Foto : Tukar Menukar Cendra Mata Sekda Lotim.Drs.H.M.Juani Taofik,M.AP dan Kadis PSDA Sumatera Selatan, Herwan.

 Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas SDA Sumsel diterima Sekretaris Daerah atas nama Bupati Lombok Timur di Ruang Rapat Utama 1 Kantor Bupati Lotim. Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik membacakan kata-kata penerimaan Bupati menyampaikan kondisi dan upaya Pemda Kabupaten Lombok Timur, terkait rehabilitasi daerah irigasi.

Menurut Sekda Irigasi menjadi salah satu perhatian Pemerintah mengingat sebagian besar masyarakat daerah ini masih bergantung pada sektor pertanian. PDRB Lombok Timur juga 30 persennya masih berasal dari sektor pertanian.

Pemda.Sumsel Belajar Rehabilitasi Daerah Irigasi Secara Partisipatif Ke Lombok Timur,NTB.

Ia juga menambahkan infrastruktur pertanian menjadi fokus pemerintah di samping jalan dan air minum. Hal ini dibuktikan dengan dialokasikannya Rp.300 M untuk tiga bidang infratruktur tersebut melalui penganggaran tahun jamak sejak 2019 hingga 2021 ini.

Selain bersumber dari APBD, rehabilitasi dan pembangunan irigasi juga memanfaatkan dana dari berbagai sumber termasuk dari Wolrd Bank melalui Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program (IPDMIP). Lombok Timur memperolah dana sebesar Rp. 40 M.

Dengan dana tersebut telah berhasil melakukan rehabilitasi untuk saluran irigasi yang melayani lebih dari 1.300 Ha dan pada tahun 2021 akan melakukan rehab terhadap saluran irigasi sepanjang 47.965,7 m dan target areal layanan irigasi seluas 1.569 Ha.

“Kita berharap kunjungan kerja ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,”pungkas Sekda.

Harapan yang sama juga disampaikan Kepala Dinas PSDA Provinsi Sumatera Selatan Herwan. Dimana ia berharap juga akan mendapatkan contoh-contoh kebijakan pengeloaan air secara partisipatif yang dilakukan di Lombok Timur guna meningkatkan produktivitas pertanian di daerahnya. Hal ini penting mengingat Sumsel merupakan daerah lumbung pangan nasional.

Acara ini dihadiri pula perwakilan dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pertanian, Bappeda, dan Camat Sikur, serta Balai Wilayah Sungan Nusa Tenggara(BWS) 1. (Bul)

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

27
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0