Memperkuat Sistem, PLN Sultra-Sulsel Uji Coba Interkoneksi Listri

Manager Bagian Jaringan, Muhammad Minggus

Manager Bagian Jaringan, Muhammad Minggus

Reporter : M. Ardiansyah R.

SULAWESI TENGGARA, KENDARI – PT PLN (Persero) Kendari sedang melakukan uji coba selama dua hari dari 19-20 September, dalam memperkuat sistem antara Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan sistem Sulawesi Tenggara (Sultra).

Interkoneksi dapat memperkuat sistem kedua Provinsi dan saling membackup dalam penyaluran daya, dengan transmisi line 150 kilo volt.

Manager Bagian Jaringan, Muhammad Minggus, menjelaskan, ketika terjadi gangguan di sistem Sultra, pihak dari Sulsel bisa membantu dengan kekuatan yang nanti beroperasi 100 MW.

“Membantu daya aliran, harapannya ke depan dengan terinterkoneksi ini, sistem Sultra bisa lebih kuat, dalam hal supply enersil dengan penyaluran dayanya saling mengisi,” ungkapnya, saat di temui Mediakendari.com, Kamis, (19/9/2019).

Dalam hal uji coba bisa lebih berdampak pada pemadaman, jika terdapat masalah dalam proses sinkronisasi listrik di sejumlah wilayah kota/kabupaten akan padam.

“Dimungkinkan padam, kalau proses pararel sistem sedikit ada gangguan berarti akan padam, dan kami tidak harapkan jangan padam,” harapnya.

Leave a Reply