Meminimalisir PMK Dinas Peternakan Lamsel Akan Lakukan Vaksin Ribuan Hewan Ternak.

Meminimalisir Pmk Dinas Peternakan Lamsel Akan Lakukan Vaksin Ribuan Hewan Ternak.

Liputan4 com. Lampung Selatan.

Guna meminimalisir adanya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan lakukan vaksin ribuan hewan ternak.


Program ini di ungkapkan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat melaksanakan apel siaga pencanangan
vaksinasi PMK, di halaman Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, pada Rabu (29/6/2022).

“Kabupaten Lampung Selatan merupakan pintu gerbang pulau Sumatera dan pulau Jawa, sehingga diperlukan kesiapan dan kesiagaan yang lebih dalam menghadapi penyebaran wabah PMK. Melalui Dinas Peternakan sedikitnya 6.500 vaksin kita siapkan untuk hewan ternak yang masuk di wilayah pintu gerbang sumatera,” tuturnya

Meminimalisir Pmk Dinas Peternakan Lamsel Akan Lakukan Vaksin Ribuan Hewan Ternak.

Selain itu, Nanang juga meminta agar seluruh jajaran terkait, mulai dari peternak, blantik, penyuluh, hingga Dinas Peternakan dan lintas sektoral lainnya, dapat terus bekerjasama dan saling berkoordinasi mengenai penyebaran kasus PMK tersebut.

“kepada seluruh jajaran agar menjaga wilayah masing-masing, bila mana ditemukan terindikasi penyakit PMK, silahkan ber koordinasinya dengan jajaran terkait,” katanya.

Lebih lanjut Nanang mengungkapkan, bilamana wabah PMK menyerang hewan ternak ini sangat berbahaya, penyebarannya sangat cepat, bila dibiarkan, akan berdampak terhadap kerugian ekonomi masyarakat dan daerah.

Meski demikian, melalui sistem kebersamaan dan gotong royong yang selama ini selalu diterapkan oleh jajaran pemerintah daerah, Lampung Selatan dapat terbebas dari indikasi wabah PMK.

Print Friendly, Pdf & Email