Pada acara itu, Bupati Tanah Laut HM Sukamta yang bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tanah Laut sekaligus sebagai Pembina Upacara di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua Mabicab Tanah Laut HM Sukamta selaku pembina upacara mengajak seluruh andalan, majelis pembimbing, pelatih, pembina dan anggota Pramuka agar senantiasa disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

Menurut dia, Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional merupakan tema Peringatan Hari Pramuka Ke-60 dan  slogan merupakan inti tema peringatan  Pramuka Berbakti Tanpa Henti.

“Saya mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut  Sukamta menyampaikan, Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka.

Pramuka, sebut dia, tetap menunjukkan baktinya untuk membantu mereka yang membutuhkan bantuan, meskipun dalam kondisi wabah Covid-19.

Pramuka, jelas dia,  diharapkan dapat melakukan dua gerakan yaitu, Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama makhluk hidup.

“Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang Pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” harapnya.

Untuk itu, Bupati mengajak anggota dan pembina Pramuka agar terus berkegiatan Kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dia juga berharap, tersalurkannya kreativitas anggota melalui kegiatan Kepramukaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira guna menumbuhkan semangat dan imunitas semakin meningkat.

“Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan Pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” tegasnya.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka Ke-60, Kwarcab Tanah Laut sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan,  seperti kegiatan donor darah, kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pelaihari dan Pelatihan Satgas Pramuka Peduli untuk para kader Pramuka.

Kwarcab Tanah Laut juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan atas dedikasi dan pengabdian untuk memajukan Kepramukaan di Bumi Tuntung Pandang kepada para tokoh Pramuka Tanah Laut.(GT.Zubaidi).