Kegiatan Pemungutan Retribusi ke Masyarakat, Desa Cicadas Catut Nama Bupati KBB

BANDUNG BARAT – Liputan4.com
Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat, Adalah sebuah Desa yang kabarnya sekitar lebih kurang 1000 keluarga atau penduduk desa tersebut menempati tanah milik Bukit Jonggol Asri(BJA) sejak beberapa tahun lalu.

Beberapa waktu lalu, tepatnya 19 November 2019, Kepala Desa Cicadas mendapatkan informasi akan dikunjungi oleh pihak BJA atau pemilik lahan yang mereka tempati, dalam rangka melakukan kunjungan dan survey.

Namun dalam rangka menyambut kunjungan Pihak BJA ke Desa Cicadas, Kepala Desa Cicadas Daman Setia Permana mengeluarkan sepucuk Surat yang ditandatangani oleh Kepala Desa dan Ketua (Badan Permusyawaratan Desa) BPD Asep Mulyadin, dimana didalam surat tersebut terdapat informasi jika akan ada pemungutan Retribusi bagi warga yang tinggal ditanah BJA tersebut, Terdapat nama Bupati Kabupaten Bandung Barat A. Umbara yang dicatut untuk melakukan Pemungutan retribusi tersebut.

Dengan edaran surat tersebut, diduga adanya Pencatutan nama Bupati sebagai sarana untuk Melakukan Retribusi kepada Warga Desa Cicadas, yang tinggal di tanah BJA untuk melakukan penyambutan atau sekedar untuk memberikan oleh-oleh kepada pihak Perusahaan BJA.

Dengan kejadian ini Masyarakat yang tergabung dalam (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Indonesia) LKBHI Melalui Ketuanya Irwansyah SH. akan mengkonfirmasi kepada Bupati KBB Umbara, tentang Pencatutan Dirinya Pada Surat dari Desa Cicadas Tersebut.

“Tentunya hal ini perlu dikonfirmasi kepada Bupati KBB, terkait pencatutan nama Bupati yang terdapat pada surat tersebut, saya khawatir adanya nama Bupati pada surat tersebut tanpa sepengetahuan Bupati”. Ujarnya.

DD/Team

Leave a Reply