Kapolres Tana Toraja Turun Langsung Tinjau Acara Adat Rambu Solo Dengan Penjagaan Ekstra Ketat

Reporter: Rahmat Hidayat Kategori: Informasi Polisi, Sulawesi Selatan
  • Bagikan
Kapolres Tana Toraja Turun Langsung Tinjau Acara Adat Rambu Solo Dengan Penjagaan Ekstra Ketat

LIPUTAN4.COM,TANA TORAJA —Ratusan personil disiapkan di acara adat pemakaman (Rambu Solo\’) yang digelar warga.di tallang Sura, kelurahan kampen kecamatan Makale Tana Toraja Rabu, (21/07/2021)

\"\"

Saat dikonfirmasi dilapangan, Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu S.I.K., M.H mengatakan,langkah ini sebagai realisasi Maklumat Bersama Forkopimda Kabupaten. Tana Toraja dan Himbuan Kapolres Tana Toraja tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan.

Kapolres yang turun langsung ke lapangan memimpin jalannya pengamanan dan pelaksanaan pengawasan protokol kesehatan, mengatakan bahwa acara adat rambu solo yang berlangsung di Tallang Sura merupakan acara adat yang ideal untuk di contoh.

\” Ini acara adat yang ideal untuk di contoh, penerapan protokol kesehatan yang betul – betul ketat terlaksana, Semestinya memang seperti inilah pelaksanaan acara adat, dilakukan seleksi yang ketat terhadap tamu – tamu yang datang, di mintai bukti sudah di vaksin, dan jika belum di vaksin tersedia posko swab antigen yang didalam nya ada tenaga medis yang bekerja melayani swab antigen.

Kemudian, juga ada satgas covid keluarga yang selalu memberikan himbauan prokes khususnya penggunaan masker, dan penerapan jaga jarak di dalam lokasi acara.

Pembatasan waktu juga di berlakukan, pihak keluarga sepakat untuk bekerjasama mencegah kerumunan dengan cara membatasi waktu kegiatan.

Dari pantauan di lokasi, sedikitnya ratusan personil Polres Tana Toraja yang diturunkan laksanakan pengamanan dan pengawasan Prokes, begitu pula dengan aparat dari TNI, dan Dishub terlihat bekerja bersama memastikan acara adat tersebut tidak menimbulkan kluster baru.

Di sudut lain, dihalaman kantor KPU Tana Toraja, dibawah tenda darurat Polri, petugas Nakes dari Dinkes Tana Toraja, RS. Sinar Kasih, dan Puskesmas Makale nampak melakukan swab antigen terhadap tamu undangan.

Petugas gabungan melakukan \” penyaringan \” tamu di jalan masuk ke lokasi acara, tamu yang belum di vaksin di arahkan menuju ke tenda posko Swab Antigen.

\” Jadi, tahapan – tahapan penyaringan terhadap tamu itu bertujuan untuk memastikan acara adat ini tidak menimbulkan kluster baru penyebaran covid -19 \”. Kata Sarly Sollu.

Kegiatan rambu solo berlangsung tertib dan aman karena dilakukan secara persuasif.bagi tamu yang masuk Keluarga yang berduka dan panitia sudah menyiapkan tempat tempat cuci tangan bagi tamu yang masuk

\”Kami tidak akan pandang bulu, siapapun itu kalau tidak menunjukkan keterangan vaksin akan kami arahkan
menuju ke tenda posko Swab Antigen.
karena sebelumnya sosialisasi sering dilakukan,\” tegasnya.(Rahmat Hidayat)

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan