Forkopimda Kabupaten Batang Himbau Hewan Korban Harus Aman Dari Penyakit PMK

Pemerintahan dan Informasi TNI

Forkopimda Kabupaten Batang Himbau Hewan Korban Harus Aman Dari Penyakit Pmk

Liputan4.com 10/07/2022
Kab.Batang – Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman bersama unsur Forkopimda Kabupaten Batang melaksanakan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H bertempat di Masjid Agung Darul Muttaqin Batang Kabupaten Batang Minggu,(10/7/22 ).

Gema takbir mengawali sambutan Pj Bupati Batang Lani Dwi Sri Rejeki di hadapan umat muslim sebelum pelaksanaan salat Idul adha 1443 Hijriah di masjid Agung Darul Muttaqin Batang.


Lani Dwi Sri Rejeki selaku Pj Bupati Batang dalam sambutanya menyampaikan bahwa kita tetap bersyukur karena umat Islam di seluruh dunia dapat Merayakan hari Raya Idhul Adha 1443 hijriah dalam suasana yang penuh kebahagian dan persaudaraan, walaupun masih ada saudara kita belum merasakan kedamaian kebahagiaan karena negaranya masih di landa konflik, mari kita doakan bersama agar mereka bisa hidup rukun kembali di bawah naungan dan ridho Allah SWT dan bisa melaksakan sholat Idhul Adha”ungkapnya.

Hari raya idul adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat Islam karena nabi Ibrahim dan nabi Ismail telah menetapkan dasar keteladanan yang fundamental hingga kini masih dilaksanakan yakni pelaksanaan ibadah haji dan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, “bebernya”.

Pj Bupati batang juga menambahkan, bahwa sudah disampaikan kepada panitia penyembelihan kurban untuk daging nanti di bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, semoga bisa membawa keberkahan untuk masyarakat Batang. Dimasa tahun ini telah terjadi banyak hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK), jauh – jauh hari sebelum Idhul Adha kita sudah sampaikan kepada pihak dinas terkait saat perayaan hari korban harus meneliti dan mengawasi hewan ternak yang akan dikorbankan. Hewan ternak untuk korban harus yang benar benar sehat dan tidak terkena penyakit PMK “pungkasnya”.

Ditempat yang sama, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman saat dikonfirmasi awak media juga menjelaskan. “Sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha, anggota Babinsa jajaran Kodim 0736/Batang bersinergi dengan Polres dan Dinas terkait sudah melaksanakan monitoring hewan ternak, kita sudah mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku hewan ternak diwilayah Kabupaten Batang dengan cara memberikan vaksin dan mendata apabila ada jewan ternak yang terjangkit penyakit. Dan sampai saat ini diwilayah Kabupaten Batang tidak ditemukan adanya hewan ternak yang terindikasi terkena penyakit PMK. tutup Dandim

Print Friendly, Pdf & Email