Dukung Kegiatan Gereja, YPMAK Beri Bantuan kepada 6 Gereja Kingmi

Dukung Kegiatan Gereja, Ypmak Beri Bantuan Kepada 6 Gereja Kingmi
Direktur YPMAK Vebian Mahal saat menyerahkan Bantuan uang tunai secara Simbolis Rabu, (13/4/2022)

TIMIKA | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) memberikan bantuan kepada enam gereja Kingmi di Mimika, masing-masing gereja mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 juta.

Bantuan yang diberikan oleh YPMAK kepada pihak gereja ini dalam rangka membantu menyukseskan pelaksanaan kegiatan konferensi gereja Kingmi di tingkat Klasis diserahkan langsung oleh Direktur YPMAK Vebian Mahal di gedung YPMK Rabu, (13/4/2022).


Selain itu, bantuan ini juga untuk kegiatan-kegiatan gereja dalam memperingati hari-hari besar yang akan datang seperti hari raya Paskah yang akan dirayakan oleh umat kristiani.

Enam gereja Kingmi yang mendapat bantuan tersebut diantaranya, Gereja Kingmi Klasis Mimika, gereja Kingmi Klasis Alama, Gereja Kingmi Klasis Hoya, Gereja Kingmi Klasis Tembagapura, Gereja Kingmi Klasis Mimika Utara, dan Gereja Kingmi Klasis Jila.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur YPMAK, Vebian Magal mengatakan bahwa kegiatan gereja-gereja Kingmi ini tentunya membutuhkan anggaran yang besar untuk itu dari pihak Yayasan sudah pasti membantu. Ia meminta kepada pihak gereja jangan membanding-bandingkan nilai bantuannya dengan nilai bantuan konferensi di mil 32 yang sudah terlaksana, menurutnya konferensi di mil 32 itu bersifat umum sedangkan kegiatan adalah kegiatan Klasis.

“Jangan melihat nilainya tetapi lihat partisipasi dari Yayasan dalam membantu kesuksesan pelaksanaan kegiatan,” ungkap Vebian

Ia mengungkapkan bahwa yayasan pada prinsipnya mendukung pihak gereja dalam melaksanakan kegiatan dengan segala keterbatasan yang ada.

“Yayasan hanya bisa memberikan yang seadanya karena anggaran yang diberikan kepada yayasan berdasarkan program yang dimasukkan. Selain itu, Proposal yang diajukan oleh pihak panitia pelaksana konferensi Klasis ke pihak yayasan sudah pada pertengahan tahun sehingga pihak yayasan hanya memberikan bantuan yang seadanya,” jelas Vebian.

Sementara itu, dalam menyikapi bantuan yang telah diberikan oleh YPMAK, koordinator Amungsa, Pdt Obet Yawame mewakili seluruh Klasis menyampaikan terima kasih kepada pihak YPMAK yang telah memberikan bantuan untuk menyukseskan kegiatan konferensi gereja Kingmi tingkat Klasis.

Ia berharap kedepannya pihak yayasan dan PT Freeport Indonesia terus memberikan dukungan atas kegiatan-kegiatan yang yang dilaksanakan oleh gereja-gereja Kingmi di seluruh Klasis yang ada di kabupaten Mimika.