PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Bangunan Sudah Disegel Nekad Dibangun Oleh Penghuninya di Kelapa Gading Jakut

Pewarta: taufik Topik: Jakarta
  • Bagikan
Bangunan Sudah Disegel Nekad Dibangun Oleh Penghuninya di Kelapa Gading Jakut

LIPUTAN4.COM,JAKARTA- Gubernur DKI Anies Baswedan diharapkan tegas terhadap jajaran dibawahnya, khususnya Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan yang berada di Pemerintah Kota (Pemkot) khususnya di Jakarta Utara.

Berdasarkan pantauan dilapangan ditemukan 1 (satu) bangunan an. Riana Ong yang berplang SEGEL di Jalan Taman Griya Pratama I Blok MA KAV No. 10 RT. 006/01, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading Jakarta Utara.

Salah satu warga yang enggan menyebutkan indentitasnya, mengungkapkan prihatin dengan adanya warga ataupun masyarakat yang tidak mau megurus IMB-nya, padahal terlihat Nota Perhitungan Retribusi yang menempel di plang SEGEL bangunan tersebut.

“Seharusnya Pemda ada pemasukan melalui restribusi yang dibayarkan melalui Bank DKI,” ucap warga, selasa, (24/8).

Mengingat wabah Pandemi Covid-19 yang juga belum berakhir, jadi buat apa ada Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) yang berada di Pemkot maupun tingkat Kecamatan. Jika tidak menjalankan tufoksinya untuk melakukan penertiban terhadap bangunan yang menyalahi aturan apalagi ditemukan tanpa IMB.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diatur pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2019.

“Mereka makan gaji buta dong (Citata/red), tidak menjalankan tufoksinya untuk melakukan penertiban, terhadap bangunan-bangunan yang menyalahi aturan. Apalagi tanpa IMB,” pungkasnya.

Tidak hanya di wilayah Jakarta Utara saja maraknya bangunan yang menyalahi aturan maupun peruntukkan (zonasi/red) di 4 (empat) wilayah DKI Jakarta yaitu, Pusat, Timur, Barat, dan Selatan masih ditemukan pelanggaran.

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan