Bangkit dari Covid-19, Bacaleg Perindo Kalteng Ajak Petani Kembangkan Buah Naga

JAKARTA – Bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dapil Kalimantan Tengah, Sipet Hermanto Tundjan membantu petani dalam perbaikan ekonomi setelah terdampak Pandemi Covid-19.

Dalam Podcast Aksi Nyata Perindo bertajuk ‘Bergerak Bersama Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat’, Sipet bekerja sama dengan petani untuk menggarap lahannya seluas 1,4 hektare.


“Saya mencoba melakukan penanaman yang melibatkan masyarakat setempat terutama petani untuk coba mengembangkan lahan saya yang seluas 4,5 hektare untuk penanaman jenis buah naga,” kata Sipet dalam podcast tersebut, Kamis (26/1/2023).

KULIAH GRATIS BEASISWA

Ia menyebutkan, buah naga dipilih lantaran mempunyai tenggang waktu yang sedikit dari masa tanam hingga masa panen. Setelah sembilan bulan tersebut, buah naga bisa dipanen kembali dalam jangka waktu 10 hari.

“Setiap 10 hari itu bisa menghasilkan dua ton, artinya dalam sebulan dapat menghasilkan enam ton,” ujarnya.

Terkait pemasaran buah tersebut, ia menyebutkan untuk daerahnya masih terbilang cukup besar peminatnya. Hal itu lantaran ia tidak perlu berkeliling untuk menjual hasil kerja samanya dengan petani tersebut.

“Pembeli langsung datang ke kebun, kadang ada yang beli satu ton,” ucapnya.

“Artinya ini dalam rangka pemberdayaan dan bekerja sama dengan petani setempat,” pungkasnya.