PPDB KOTA MEDAN 2022

Ayo Donor Buat Mereka, Seumur Hidup Butuh Tranfusi Darah

Ayo Donor Buat Mereka, Seumur Hidup Butuh Tranfusi Darah

Ayo Donor Buat Mereka, Seumur Hidup Butuh Tranfusi Darah
LIPUTAN4.COM, Kabupaten Bekasi – Berbahagialah bagi orang yang dalam keadaan sehat, serta harus bersyukur kepada Sang Pencipta. Banyak sekitar kita yang saat ini menderita sakit serta butuh perhatian khusus. Mereka yang menderita Thalassemia, seumur hidup butuh tranfusi darah 6 sampai 8 kantong tiap bulannya. Mereka sangat membutuhkan tranfusi untuk menyambung hidup, mereka akan pucat jika tidak mendapatkan tranfusi darah bahka bisa meninggal.

Thalassemia merupakan kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan seharusnya digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Untuk perawatan penyintas thalassaemia dibutuhkan vitamin dan untuk menjaga kadar hemoglobin diperlukan transfusi terus menerus sepanjang hidupnya. Penyakit ini belum ada obatnya, tapi bisa dicegah penyebarannya.


Hari Talasemia Sedunia diperingati tiap 8 Mei, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang talasemia dan membantu pasien menjalani hidup normal meski menyandang sakit.

Dalam rangka memperingati Hari Thalassaemia Sedunia, POPTI Bekasi Raya bersama Komunitas Relawan Donor Darah Bekasi dan komunitas lainnya mengadakan kegiatan Donor Darah Bersama terbuka untuk umum.

Tanggal : 21 – 22 Mei 2022
Jam : 09.00 – 18.00 Wib
Lokasi : UTD PMI Kabupaten Bekasi (Jl. Teuku Umar No.49 Wanasari, Cibitung)

Bagi masyarakat Kabupaten Bekasi yang akan ikut serta bisa datang langsung UTD PMI Kabupaten Bekasi Jl. Teuku Umar No.49 Wanasari, Cibitung.

Dedi selaku salah satu panitia saat di hubungi melalu pesan WA mengatakan kegiatan ini bertujuan Membantu PMI dalam rangka memenuhi stock darah bagi masyarakat Bekasi dan sekitarnya. Dirinya mengajak masyarakat Kabupaten Bekasi untuk peduli terhadap sesama.

“Mari kita berpartisipasi dan peduli terhadap Thalassemia. Darah yang kita donasikan untuk adik-adik penderita thalassaemia sangat berguna untuk menyambung hidup mereka”, kata Dedi.

“Karena Thalassemia, saya mengajak sobat semua lebih peduli ke lingkungan sekitar kita, jangan-jangan ada tetangga sobat yang bernasib serupa. Karena Thalassemia, saya semakin menemukan big why saya harus donor darah. Ada mereka, para thaller yang sangat membutuhknnya”, tutup Dedi.

Print Friendly, Pdf & Email