Advokat Senior Wanto A Salan SH MH Tutup Usia

  • Bagikan
Advokat Senior Wanto A Salan SH MH Tutup Usia
Advokat Senior Wanto A Salan SH MH Tutup Usia
Mendiang Alm Bang Wanto (poto kiri) dan Adik nya Adv Bujino A Dalam Salan SH MH yang juga Advokat senior selalu kompak (poto istimewa)

Liputan4.com, Banjarmasin-Berita duka datang dari profesi Hukum Hermanus Wanto Adrianus Salan Kandang SH MH dari Kantor Orin – Wanto meninggal dunia pada Jumat, (16/4/2021) pukul 04.20.WITA dinihari di RSUD Ulin Banjarmasin.

Kepulangan Bang Wanto begitu beliau disapa koleganya ataupun jurnalis, menjadi duka mendalam bukan hanya bagi keluarga, tapi koleganya seprofesi hukum. Selain sebagai seorang ayah dan suami,  Bang Wanto dikenal sebagai guru, senior, teman, serta rekan kerja yang memiliki banyak pengalaman

“Beliau orangnya low profile, bijak, bersuara lembut, saya tidak pernah melihat ekspresi marah, terkesan pencinta damai. Bang Wanto  selalu memanggil saya “dangsanak”, tidak pernah menyebut nama. Mungkin kepada yang lain juga demikian. Bagi saya, itu pertanda beliau menghendaki hubungan kekeluargaan,” jelas awak Liputan4.com

Semasa hidup, beliau ini dikenal sebagai pengacara kondang di Kalsel, biasa menangani kasus-kasus besar, seperti perkara dugaan korupsi maupun gugatan perdata.

Pemilik nama lengkap Hermanus Wanto Adrianus Salan Kandang, ini meninggal dunia di usia 62 tahun setelah sempat di rawat karena sakit di RSUD Ulin Banjarmasin.

Jejak rekam pria yang lahir 16 Maret 1959 di Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kalsel sebagai advokat yang sarat pengalaman dalam membela klien nya dalam berbagai kasus membawanya mendapat kepercayan di berbagai kepengurusan profesi advokat. Tercatat Wanto A Salan sejak tahun 2019 hingga beliau berpulang masih menjabat Vice President Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Selain itu Bang Wanto sejak 2008 dipercaya menjabat Ketua DPD Ketua Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) hingga sekarang, sekaligus Bendahara Umum nya sejak 2019

Datang dari sebuah desa di Kecamatan Sukamara yang sekarang dimekarkan jadi sebuah kabupaten dari Kabupaten Kotawaringin Barat, kakak kandung advokad senior, Bujino A Dalam Kandang, SH MH ini yang lulus SD 1972 dan SMP 1975 serta SLTA  1979 itu kemudian berangkat ke Banjarmasin menuntut illmu hukum di Banjarmasin hingga berhasil meraih gelar  Sarjana Hukum pada 1986

Setahun setelah lulus S1, 1987  Bang Wanto langsung membuka praktek/advokat hingga akhirnya berpulang. Kepergian Wanto tentu selain merasa kehilangan bagi keluarganya juga sang adik Bujino A Dalam Kandang, SH MH yang mengiringinya merantau ke Banjarmasin menyusul sang kakak.

Karir mereka beriringan melesat hingga menjadi advokat senior di Kalsel. Kebersamaan mereka pun dibuktikan di organisasi profesi advokat, dimana sang adik juga ikut jadi kepengurusan.

Begitu pula ketika sang adik menjadi Ketua Forum Intelektual Dayak Indonesia (FIDN) Kalsel, bang Wanto juga masuk dalam kepengurusan sebagai penesehat.

Bukti lain kedekatan keduanya ketika adiknya yang menjabat ketua RT dilingkunganya kawasan Jahri Saleh Banjarmasin mendapat ancaman dari seorang warga di rumahnya, bang Wanto langsung bertindak sebagai kuasa hukum sang adik yang jadi saksi korban di Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin.

Kepergian Bang Wanto juga menyisakan duka dari koleganya misalnya Advokat Junaidi juga Labih Binti avokat senior di Kalteng yang menyampaikan duka cita mendalam pada kolom komentar dari status FB akun Nando Nando yang menyampaikan kabar duka itu.

Di kolom komentar itu juga banyak advokat dan juga teman (alm) bang Wanto yang juga menyampaikan duka cita mendalam termasuk yang terkejut menanyakan sakitnya.

Banyak orang yang merasa kehilangan atas berpulangnya Advokat senior dan juga mantan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sultan Adam (STIHSA) Banjarmasin ini.

Jenazah alm Wanto KA Salan SH MH  disemayamkan di ruang jenazah RSUD Ulin Banjarmasin sebelum menuju ke pemakaman.

Di kalangan jurnalis sendiri bang Wanto dikenal pribadi yang ramah dan humoris .

Terakhir almarhum bersama wartawan liputan ketika menggelar press release di dunkin’ donuts Jalan A Yani Km 9 Banjarmasin pada pertengahan Maret .

Pagi itu pula, Jumat (16/4/2021) jenazah di dimakamkan di Komplek Pemakaman Santo Yosef Jalan Kasturi 2 Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru .

Redaksi Liputan4.com turut berdukacita sedalam dalamnya… Selamat Jalan Bang Wanto.

Editor : NandoL4

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
2
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
Pemerintah Kabupaten Lombok Timur