14 Rumah Warga Di Tetehosi Idanogawo Ludes dilalap Si Jago Merah

20201125 101037 scaled

LIPUTAN4.COM – NIAS, Paska  kebakaran Sebanyak 14 Rumah warga di Desa Tetehosi Kecamatan Idanogawo ludes terbakar dilalap sijago merah sekira pukul 23.30 malam.

 

Photo Persiapan Forkopimda Idanogawo menuju Lokasi Kebakaran.
Photo Persiapan Forkopimca Idanogawo menuju Lokasi Kebakaran.

Informasi yang dihimpun dari Salah seorang warga  korban kebakaran, Delianus Hura alias Ama Lisbed menceritakan ” pertama kejadian itu, tadi malam sekira pukul 23 .30, saya melihat ada api menyala  di rumah Ama Gibran, sontak saya langsung bangunkan warga setempat, namun Kobaran Api sudah menjalar.

Hal tersebut di ungkapkan Deli Hura di lokasi kejadian jln Diponegoro Tetehosi Idanogawo Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias Sumatera Utara(SUMUT) pada hari rabu (25/11/20).

Tak lama kemudian Camat Idanogawo, Danramil 03 Idanogawo, Anggota Polsek datang dilokasi kejadian bersama melakukan upaya Pemadaman api yang menjalar di rumah-rumah warga yang dilalap sijago merah.

Sekitar dua jam Kurang lebih mobil Pemadaman Kebakaran(Damkar) datang kelokasi Kejadian untuk melakukan pemadaman, tetapi Mobil Damkar yang turun kelokasi disayangkan tidak berfungsi.Ungkap Delianus Hura.

Ke empat belas(14)  rumah tersebut sudah ludes terbakar, tapi kami kecewa dengan mobil pemadam kebakaran yang di datangkan dari BPBD Kabupaten Nias karena empat mobil pemadam tidak berfungsi,”Kata Hura”

Selanjutnya Delianus hura mengatakan Adapun rumah yang ludes terbaka tersebut, rumah Ama Ilman Zebua, Ama Gibran Zebua, Ama Putra Zebua, Ama Asran Zebua, Ama Lisbed Zebua, Ama Yolan Gori, Ama Jimbambang Halawa, Ama Syukur Hura, Ama Liona Larosa, Ina Kuman Larosa, dan Ama Fredi Larosa.

Musibah yang kami alami ini tidak kami ketahui, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi di perkirakan 12 Milyar. Ya, harapan kami kepada Pemerintah agar kami korban yang mengalami musibah kebakaran ini untuk di perhatikan oleh Pemerintah, karena kami ini tidak punya apa apa, tinggal baju di badan yang kami selamatkan.” Keluh Deli Hura”

Ditempat terpisah Kepala Desa Tetehosi Idanogawo Juny Yarman El Ndurut, SE ketika di dikonfirmasi dikantornya, hari Rabu (25/11) Pukul 10 00 wib Mengatakan membenarkan adanya telah terjadi Kebakaran rumah warga Tetehosi Idanogawo. ” Ya Sebanyak 14 rumah warga ludes terbakar tadi malam.

Kami bersama Forkopimda Idanogawo bersam menyaksikan kejadian itu, dan kami sudah berupaya melakukan pemadaman dengan manual, namun kekuatan kami sangat terbatas dalam penanganan.Ujaringan Juny.

Selanjutnya, ketika di mintai tanggapan Kapolsek Idanogawo Gawo melalui Kanit Polsek Idanogawo Bripka Budianto Barus mengatakan,” pada kejadian itu kami sudah turun kelokasi bersama Danramil dan warga memadamkan api, namun kami belum bisa memberikan penjelasan secara pasti kronologis kejadian kebakaran itu.kita tunggu dari pihak polres Nias turun kelokasi untuk melakukan identifikasi.”Kata Barus”

 

Reporter : Desman Telaumbanua

Print Friendly and PDF
REKOMENDASI

Tinggalkan Balasan