Wujud Kontribusi untuk Indonesia, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon di 34 Provinsi

Reporter: Redaksi Papua Topik: Informasi Publik, Papua
  • Bagikan
Wujud Kontribusi Untuk Indonesia, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon Di 34 Provinsi
Fungsionaris Partai Gelora Papua saat Melakukan Penanaman Pohon Minggu, (28/11/2021)

JAYAPURA | Partai Gelombang Rakyat  (Gelora) Indonesia menggelar aksi penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 provinsi pada 28 November 2021 yang bertepatan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Wujud Kontribusi Untuk Indonesia, Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon Di 34 Provinsi


Terkait hal tersebut, Ketua DPW Gelora Papua mengatakan, Indonesia diperkirakan sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim (climate change) seperti terjadinya kenaikan muka air laut dan tingginya gelombang yang bisa mengganggu sektor kelautan dan perikanan, gangguan di sektor pertanian dan ketahanan pangan juga bisa jadi ancaman di depan mata.

“Ancaman tersebut antara lain adalah potensi peningkatan tingginya curah hujan, banjir, longsor dan kekeringan bisa meluas, sehingga menyebabkan seluruh ekosistem berubah secara total dan cepat, serta akan sulit untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada. Hal ini tentu saja menjadi ancaman serius di sektor pertanian, bisa mengganggu pola tanam guna mendapatkan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Selain itu kata Yamin  dengan menanam pohon kita dapat menyelamatkan bumi dari berbagai ancaman baik krisis air serta melindun gi bumi agar tetap lestari.

Yamin menambahkan, perubahan iklim telah menjadi ancaman nyata bagi sektor pertanian, perikanan dan kelautan. Selain pemutihan karang, perubahan iklim juga mendorong migrasi ikan laut dalam ke wilayah subtropis. Fenomena ini menuntut adaptasi segera guna mengurangi dampaknya secara sosial. Sebab, sektor perikanan yang menjadi penopang hidup jutaan nelayan kita.

“Olehnya Partai Gelora Indonesia melakukan penanaman 10 juta pohon secara serentak di 34 provinsi dengan tagline #BirukanBumiBirukanLangit, #PohonKitaOksigenKita, #PohonKitaHIdupKita,#AyoTanamPohon” tuturnya.

Sementara Ketua DPD Partai Gelora Indonesia Kabupaten Jayapura Edison Awaoitauw menuturkan, untuk penanaman pohon dalam Aksi ini difokuskan di daerah Hawai dilingkungan SMK N 1 Sentani. Alasan pemilihan lokasi ini karena 3 tahun lalu telah terjadi Peristiwa banjir bandang dikawasan gunung syklop dan dilokasi ini telah mengalami pengikisan dikaki gunung sehingga akan membahayakan Sekolah. Bentuk penyelamatan inilah melalui aksi penanaman 1.000 pohon oleh DPW Partai Gelora Indonesia Papua, peduli terhadap lingkungan sekaligus memberikan edukasi bagi Para pelajar perlunya pohon bagi kehidupan.

“Program menanam 10 juta pohon ini adalah kontribusi kecil Partai Gelora dalam membirukan planet kita, sehingga wujud nyata kepedulian mampu menginspirasi dan memotivasi perlunya kesadaran dalam merawat bumi kita bersama.

(*Redaksi/Papua)
Print Friendly, Pdf & Email
  • Bagikan