PPDB KOTA MEDAN 2022

Usung Tema Home Industri, Desa Palengaan Laok Ditetapkan Pemenang Lomba Desa Tematik

Usung Tema Home Industri, Desa Palengaan Laok Ditetapkan Pemenang Lomba Desa Tematik

Liputan.com, Pamekasan – Setelah melalui berbagai tahapan dari perlombaan Desa Tematik, Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan ditetapkan sebagai pemenang lomba Desa Tematik Kabupaten Pamekasan tahun 2021.

Sesuai dengan Instruksi Bupati Pamekasan agar setiap Desa memiliki tema tertentu sesuai ciri khas dan keunikan serta berdasarkan local wisdom daerah tersebut.


Diketahui bahwa Desa Palengaan Laok merupakan Desa berjulukan Home Industri, karena di Desa Palengaan Laok ada 2 jenis usaha masyarakat yang sangat dominan dan menjadi usaha turun temurun.

Pertama Industri Genting, usaha ini sdh berdiri sejak lama, ada 78 pengusaha genting yang tersebar di 4 Dusun dengan jumlah total tenaga kerja 800 san.

Kedua Bordir, usaha ini juga sangat dominan di masyarakat, dikembangkan melalui kerja sama dengan Disnaker melalui Program 10.000 WUB (Wira Usaha Baru) Pemkab Pamekasan, hingga melahirkan 30 kelompok pengusaha Bordir yang tersebar di 6 Dusun dengan jumlah tenaga kerja 120 orang.

H Moh Sa’id Kepala Desa Palengaan Laok mengucapkan syukur Alhamdulilah atas capaian prestasi yang diraih Pemdes Palengaan Laok dalam perlombaan Desa Tematik Kabupaten Pamekasan tahun 2021.

Usung Tema Home Industri, Desa Palengaan Laok Ditetapkan Pemenang Lomba Desa Tematik

“Setelah melalui proses panjang, mulai dari kajian potensi, capturing, penilaian administrasi, presentasi dan kunjungan lapangan, akhirnya Desa Palengaan Laok ditetapkan sebagai Pemenang Lomba Desa Tematik Kabupaten Pamekasan Tahun 2021,”terangnya

Atas capaian prestasi tersebut Sa’id sapaan akrabnya sangat mengapresiasi kepada semua pihak yang mendukung program ini, sehingga Desa Palengaan Laok ditetapkan sebagai pemenang lomba Desa Tematik Kabupaten Pamekasan tahun 2021.

“Saya sangat mengapresiasi semua tim yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan ini, berkat ikhtiar nyata dan kerjasama yang solid, sehingga dapat mengantarkan Desa Palengaan Laok mampu bersaing dengan Desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Pamekasan ,”kata Moh Said saat ditemui di kediamannya.

“Semua ini sulit tercapai tanpa adanya kerjasama yang baik antara Pemdes Palengaan Laok beserta jajarannya, Timsus Desa Tematik dan seluruh pengusaha genting dan bordir di Desa Palengaan Laok serta doa dari para ulama, tokoh masyarakat dan utama doa dari seluruh masyarakat Palengaan Laok,”ungkapnya

“Semoga ikhtiyar ini mampu mengangkat nama baik Pemdes Palengaan Laok, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarak dan mampu menjadikan produk genting dan bordir Palengaan Laok semakin dikenal di masyarakat luas,”harapnya

Moh Sa’id juga mengucapkan terimakasih kepada Forkopimka Kecamatan Palengaan, PD/ PLD Kecamatan Palengaan, Perangkat Desa Palengaan Laok, Timsus Desa Tematik Palengaan Laok, BPD, PKK, Karang Taruna, Pengusaha Genting dan bordir, serta, Seluruh masyarakat Desa Palengaan Laok yang telah ikut membantu mengantarkan Desa Palengaan Laok mencapai kesuksesan gemilang ini.

Print Friendly, Pdf & Email