"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Sinergi Dan Integrasi Dana Untuk Desa

  • Bagikan
Sinergi Dan Integrasi Dana Untuk Desa

Liputan4.com ,Jakarta Berdasarkan kunjungan kerja reses ke desa-desa, saya bisa konfirmasi bahwa ada ketidakefektifan dalam pelaksanaan kebijakan dana desa selama ini.

Dalam setiap forum rapat di DPR, saya mengusulkan  agar dana APBN/APBD  untuk desa seharusnya dikumpulkan, diintegrasikan dan disinergikan pada satu kesatuan tujuan sesuai UU No. 6 Tahun 2014 tentang Pemeritahan Desa yaitu membangun kemandirian, kedaulatan dan kesejahteraan rakyat di desa.

Namun yang  ada dan terjadi saat ini tidak demikian, karena masing-masing program untuk desa seperti : Dana Desa dari APBN, Dana Desa dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota,  Dana dari berbagai Kementrian/Lembaga untuk desa,  itu semua berjalan sendiri-sendiri, masing-masing, sehingga pelaksanaannya tidak fokus bahkan saling tumpang tindih dalam kurun waktu 12 bulan pada tahun berjalan. Dan sayangnya Pemerintah Desa tidak bisa berbuat apa apa terhadap hal itu, karena sudah di desain oleh program kebijakan masing-masing.

Atas dasar hal ini, Saya mengusulkan kepada Pemerintah dalam hal ini Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menkeu untuk mengintegrasikan dan mensinergikan seluruh program kebijakan dana bagi desa dari APBN, APBD dan Kementrian/Lembaga. 

Juga kepada BPKP dan BPK untuk melakukan audit secara menyeluruh dan keseluruhan program kebijakan dana untuk desa tersebut. Apakah membawa dampak perubahan yang signifikan bagi kemajuan rakyat mengangkat dari ketimpangan dan kemiskinan yang ada?

Sumber Suara Wakil rakyat Dapil Jabar 10 – Agun Gunandjar Sudarsa.

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

26
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0