Selama Periode Januari – Mei 2021, Tercatat 506 Tenaga Kesehatan di Depok Terpapar Covid-19

Reporter: REDAKSI Kategori: Jawa Barat, Life Health
  • Bagikan
Selama Periode Januari - Mei 2021, Tercatat 506 Tenaga Kesehatan di Depok Terpapar Covid-19

DEPOK, Liputan4.com | Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita menyebutlan selama priode Januari – Mei 2021, tercatat 506 tenaga kesehatan (Nakes) terpapar Covid-19, dan 190 non-nakes (PNS dan Non-PNS).

“Tercatat pada periode Januari sampai Mei 2021, ada 696 Nakes dan Non-Nakes di Kota Depok yang terpapar virus Covid-19,” ujarnya kepada wartawan saat dikonfirmasi, Senin (28/6/2021) siang.

Untuk Non-Nakes sendiri adalah orang yang berada di lingkungan Puskesmas atau Rumah Sakit, misal sopir, satpam.

Dalam hal ini sudah menjadi tentu dapat menjadi perhatian masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Mereka (Nakes-red) merupakan berada di garda terdepan dalam penanggulangan Covid sehingga sangat berisiko. Meski sudah melakukan upaya sebaik mungkin agar tidak terpapar, mungkin mereka yang terpapar saat itu sedang dalam kondisi lelah dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu Nova menambahkan dalam mencegah upaya penularan bagi Nakes tidak terpapar Covid-19 adalah dengan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI)
Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), cuci tangan sesering mungkin dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga sirkulasi udara.

“Juga diperhatikan teknis memakai dan melepas APD dengan benar. Jadi, para Nakes itu memiliki ruangan khusus untuk memakai APD, melepas APD, kemudian ruang mandi. Yang dimana memiliki pintu yang berbeda, sehingga ada ruangan standarnya,” jelasnya.

Novarita membeberkan, para Nakes juga harus memenuhi asupan gizinya dengan baik, jangan stress, serta minum vitamin.

Makanya, sebelum mengenakan APD sebaiknya makan dan minum dulu agar tidak dehidrasi. Serta, masyarakat jangan marah-marah dengan Nakes, jangan membuatnya drop, kan kasihan juga,” ungkapnya.

Dia berharap, masyarakat Kota Depok bisa terus mematuhi prokes, sehingga kasus Covid-19 tidak tambah banyak. “Mari sama-sama terapkan prokes, mari lihat juga Nakes yang sudah berjuang,” tegasnya.

(Frd)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
1
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan