“Razia Pajak” di Tangerang, Puluhan Kendaraan Bermotor Terjaring

Liputan4.com – Kabupaten Tangerang -Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Banten, Kepolisian (Polri) dan Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten tangerang operasi pengendalian penertiban angkutan orang dalam trayek barang, kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang terjaring razia Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jalan Pemda Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu, (15/3/2023).

Razia Pajak Kendaraan Bermotor tersebut dilakukan oleh tim gabungan dari Unit Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Banten, kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat.


Euis Widianingrum Kasubbag TU Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Banten.
Euis Widianingrum Kasubbag TU Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Banten.

Kasubbag TU Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Banten “Kita kan ada kegiatan razia Pajak Kendaraan Sosialisasi Pajak Kendaraan, dan salah satunya ada kegiatan Pajak Kendaraan yang nunggak, kita Razia Pajak Kendaraan Bermotor tersebut dilakukan oleh tim gabungan Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kabupaten Tangerang, Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan serta menertibkan para penunggak pajak agar sadar membayarkan pajak kendaraan,” ujar Euis Widianingrum selaku Kasubbag TU Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Banten.

Lebih lanjut Euis “Pelaksanaan operasi ini hanya berlangsung kita lakukan dalam hari ini saja, dan itu pun kita sebatas mengingatkan kepada wajib pajak yang masih banyak ditemukan kendaraan yang pajak kendaraannya menunggak dan mereka yang memiliki tunggakan pajak,” ungkapnya.

Ia pun mengungkapkan, “Untuk hal ini bagi para wajib pajak yang telah diketahui menunggak tidak diberikan sanksi berat seperti pemblokiran sampai denda, namun, lanjutnya, pihaknya hanya mengingatkan kepada pemilik kendaraan bermotor agar membayar pajaknya dengan tepat waktu,” ujarnya.

Euis Widiyaningrum menambahkan berdasarkan data sementara hasil giat razia pajak yang telah dilaporkan baik kendaraan roda empat maupun roda dua dengan dilakukan penindakan itu ada sebanyak 22 unit lebih kendaraan belum dilakukan pembayaran pajak.

Namu, lebih lanjut pihaknya hanya mengingatkan kepada pemilik kendaraan bermotor agar membayar pajaknya dengan tepat waktu.

KULIAH GRATIS BEASISWA

“Kita hanya sebatas mengingatkan saja, karena mungkin banyak masyarakat tidak tau masa berakhir pajak nya itu,” pungkasnya.

Kusmanto Inspektur Satu Polisi (Iptu) selaku Kaurbinopa Satlatas Polres Kabupaten Tangerang
Inspektur Satu Polisi (Iptu) Kusmanto Kaurbinopa Satlatas Polres Kabupaten Tangerang

Kusmanto, Inspektur Satu polisi (Iptu) selaku Kaurbinopa Satlatas Polres Kabupaten Tangerang, “kebetulan dari dinas pemerinta daerah kabupaten membantu kita untuk mendampingi operasi berkenan dengan adanya banyaknya pajak yang menunggak di kabupaten tangerang,di kabupaten ini sangat dan cukup banyak warga pengguna jalan atau yang punya kendaraan yang tidak ya belum bayar pajak

Jadi bantuan kita sekedar mendamping karna yang memberhentikan pasti kita memeriksa kita hasilnya misalnya ternyata memang STNK atau pajak yang belum di bayar kita serahkan ke dinas tatah negara yang hari ini bersama sama yang melakukan ikut penertiban,” mengatakan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Mulyadi sebagai Danru
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Mulyadi sebagai Danru

Dari dinas (Dishub) dinas perhubungan Mulyadi selaku Danru Lapangan Pengawasan Pengendalian terkait dalam rangka kegiatan Operasi penertiban terhadap Angkutan Orang dan Barang di kawasan tertib Lalulintas, atau disebut KTL. Dari mulai Lampu Merah Cihideng sampai dengan bundaran gugel. kurang lebih 7.1 kilo meter jalur KTL yang menjadi percontohan bagi Ruas-ruas jalan yang lain, di jalur Ktl ini harunya menjadi jalur yang ideal, dalam tertib lalulintas maka dari kami bisa untuk melakkan penilangan untuk memastikan surat surat kendaraan, baik itu untuk uji kelayakan jalan itu semua lengkap, itu semua untuk keselamatan para pengendara di jalan. Adapun sasaran dari arah kegiatan ini angkutan barang, yaitu sasaran dinas perhubungan.

Harapan selanjutnya, “dengan adanya operasi ini agar masysarakat lebih tertib dan teratur, ungkapnya dari operasi gabungan hanya hari ini saja tgl 15 maret 2023, Operasi gabungan ini di gelar oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) 7 personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang 13 personil, Kepolisian (Polri) 8 personil,” menuturkan.

Penulis
(Mahfudin)

Kameramen/Editor
(Mahfudin)