Rahmadian Noor Klaim Pilkades Batola Berjalan Lancar

  • Bagikan
Rahmadian Noor Klaim Pilkades Batola Berjalan Lancar

Liputan 4.com – Batola.

PEMILIHAN kepala desa (Pilkades) serentak electronic voting (e-Voting) maupun konvensional periode 2021-2027 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) telah selesai dihelat.

DIGELAR dalam empat gelombang, pilkades sebagian besar melalui e-voting terbilang sukses diselenggarakan di 163 desa dari 195 desa yang ada di Batola. Sedangkan sisanya akan diselenggarakan tahun 2023 mendatang.

Wakil Bupati Batola, Rahmadian Noor, bersyukur pelaksanaan pilkades baik secara e-Voting maupun konvensional sejak gelombang I hingga IV berjalan lancar.

“Yang membanggakan lagi tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih juga menunjukan peningkatan,” ujar Rahmadi saat dihubungi, Kamis (3/6/2021).

Dia menyebut saking antusiasnya warga, pada jam 10.00 pagi 80 persen warga sudah menggunakan hak pilihnya.

“Ini menunjukan kepedulian masyarakat dalam memilih figur pemimpin mereka cukup meningkat,” paparnya.

Suksesnya penyelenggaraan Pilkades melalui mekanisme e-voting, Rahmadi membuka peluang di Pemilihan Bupati Batola tahun 2024 mendatang menggunakan mekanisme serupa.

Terlebih wacana tersebut sudah lama bergulir, apalagi telah sukses diterapkan di negara-negara maju seperti di Eropa maupun Amerika.

Bukan tanpa alasan, Rahmadi menyebut banyak sisi positif dengan sistem elektronik ini selain simpel dan cepat juga dapat menghindari penyimpangan (zero deviation).

“Meskipun masih ada perlu yang diperbaiki, saya yakin seiring perkembangan segala kekurangan tersebut pasti dilakukan perbaikan dan penyempurnaan baik mekanisme, sistem, dan lainnya,” kata Rahmadi.(Liputan 4.com).

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan