Plt. Bupati Kapolres Dan Kadinsos Palas Sambut Kunjungan Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini,MT Pasca Bencana Di Kec. Batam

Plt. Bupati Kapolres Dan Kadinsos Palas Sambut Kunjungan Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini,Mt Pasca Bencana Di Kec. Batam

Liputan4.com   Sumut

Palas-Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr Ir. Tri Rismaharini, melakukan kunjungan ke Kabupaten Padang Lawas (PALAS) Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) dalam rangka melihat langsung kondisi bencana banjir bandang yang memporakporandakan beberapa Desa di Kecamatan Batang lubu sutam (BATAM) terjadi di pada jum’at 31/12-2021 Jelang malam pergantian tahun baru.2021-2022 pukul 20.30 wib.


Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Plt Bupati Padang Lawas drg.Ahmad Zarnawi Pasaribu, Kapolres Palas AKBP.Indra Yanitra Irawan SIK.Msi, Kadinsos dan Forkopimda, Anggota DPRD dan pimpinan OPD Palas, senin 03/01- 2022, pukul 20.00 wib.

Plt.Bupati berharap kunjungan Mensos di Kabupaten Palas memberikan motivasi dan semangat baru dan moril kepada masyarakat dan Pemkab dalam mempercepat penanganan masyarakat terdampak banjir bandang di darah ini ‘, kata Zarnawi.

“Kami berharap Ibu Mensos bisa memberikan arahan sekaligus bimbingan kepada kami dalam penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Palas ini. Tentunya kunjungan ibu Risma menjadi semangat moril juga bagi kami dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama dalam menangani bencana banjir ini”, ungkapnya.

Plt. Bupati Kapolres Dan Kadinsos Palas Sambut Kunjungan Menteri Sosial Dr. Ir. Tri Rismaharini,Mt Pasca Bencana Di Kec. Batam

 

Sementara Menteri Sosial Republik Indonesia, Dr Ir. Tri Rismaharini, MT menyampaikan dengan kondisi banjir yang menyebabkan rumah warga di beberapa desa perlu lakukan bantuan, dukungan moril dan juga bantuan materil dalam mempercepat pemulihan keadaan masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang tersebut ‘, kata Mensos.

Ditambahkan Risma, penanganan banjir seperti ini tidak bisa hanya ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tapi seluruh dinas harus ikut membantu karena keterbatasan personel pada BPBD. Langkah harus kita lakukan agar masyarakat kita dapat secepat mungkin kembali pulih perekonomiannya’, ucapnya lagi.

Keberadaan dapur umum, kata Risma,’ harus diperbanyak, karena banyaknya desa desa yang terdampak. Dengan kondisi banjir di Palas ini sulit diketahui berapa lama, maka stok pangan masyarakat terdampak banjir harus di sediakan, dan ini harus kita antisipasi, jangan sampai masyarakat sudah jatuh tertimpa tangga kembali karena tak dapat bantuan atau makan terancam’, saran Risma.

“Nanti akan dibantu suplainya oleh direktur saya (Kemensos). Para camat harus mapping dimana titik yang rawan. Dipakai atau tidak dipakai biar saja disitu. Kita harus punya buffer stok,” ujarnya.

Dihadapan Plt. Bupati, Forkopimda camat dan masyarakat Risma menyampaikan strategi penanganan banjir untuk jangka panjang ia menjelaskan di lokasi yang menjadi buffer stok, selain kebutuhan makanan, juga perlu di siapkan tenda, sehingga bila sewaktu-waktu mengungsi, harus bisa dipasang dimana.akan membantu masyarakat mengungsian. ” Saran Risma menutup.

Terkait tempat pusat kunjungan dilaksanakan di dua tempat, yaitu Pondok Pesantren Babul Hasanah Desa Manggis dan Poko darurat bencana Desa Tanjung Baru Kecamatan Batang Lubu Sutam.

Pantauan kami awak media di lokasi, Ibu menteri sosial Dr.Ir. Tri Rismaharini MT dan sebagai mana biasanya adat istiadat di Kabupaten Palas ini, bagi tamu kenegaraan akan di tabalkan secara adat dengan memasangkan ulos batak (Selendang batak) terlebih dahulu. Menteri Sosial mendapat gelar marga Hasibuan, dengan mendapat kelar tersebut, maka Mensos Dr.Ir. Tri Rismaharini br Hasibuan. Kunjungan berjalan lancar tanpa ada kendala, dan masyarakat terdampak banjir marasakan timbul semangat baru, yang selama ini terauma akibat bencana yang menimpa mereka belakangan ini.( sp)

Print Friendly, Pdf & Email