PLN Berhasil Tiadakan Pemadaman Siang Hari

Pln Berhasil Tiadakan Pemadaman Siang Hari

Liputan4.com, Bungku – Setelah terus berupaya melakukan pemulihan terhadap situasi kelistrikan yang akhir-akhir ini parah di Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, pada Minggu 14 Nopember 2021 pihak PLN Bungku akhirnya berhasil mengurangi pemadaman bergilir.

 


Dari informasi yang media ini dapatkan, diketahui bahwa krisis listrik yang terjadi diakibatkan oleh adanya defisit daya sebagai dampak dari terjadinya gangguan pada mesin PLTD Bahoruru yang merupakan sumber energi PLN setempat.

 

PLTD Bahoruru yang terletak di desa Bahoruru kecamatan Bungku Tengah mengalami kerusakan pada beberapa unit mesinnya, yakni mesin unit 6 serta generator 3 dan 4. Selain itu, kondisi debit air pada PLTM Sakita yang berkurang juga menjadi penyebab terjadinya defisit daya.

 

Seperti kita ketahui bersama, defisit daya ini telah mengakibatkan terjadinya krisis listrik di kabupaten Morowali yang ditandai dengan adanya pemadaman bergilir, baik pada waktu siang maupun malam.

 

Namun seperti diberitakan media ini sebelumnya, pihak PLN Bungku terus melakukan tindakan cepat guna memulihkan keadaan yang ada. Hasilnya, informasi langsung dari Kepala PLN setempat menyebutkan bahwa dari hari ke hari defisit daya mengalami penurunan dan daya meningkat.

 

“Kemampuan daya kita 10.550 Kw dengan beban puncak 13.700 Kw. Kita mengalami defisit daya sebesar 3250 Kw. Alhamdulillah, pada 13 Nopember, berkat telah terpasangnya mesin tambahan dari PLTD Lambuya, kita berhasil menambah daya ke 11.350 Kw dan menurunkan defisit menjadi 2350 Kw. Selanjutnya, pada 14 Nopember kemarin, perbaikan mesin unit 6 telah selesai dan berhasil menambah daya menjadi 12.150 Kw, maka defisit pun turun pada 1550 Kw,” tutur Amirul Huda, Kepala PLN Bungku kepada media ini, 15/11.

 

Oleh karena hal tersebut, tambah Amirul Huda, maka sekarang ini sudah tidak ada lagi pemadaman bergilir pada siang hari. Listrik akan menyala mulai pukul 00:00 malam hingga 16:00 sore dan pemadaman hanya dilakukan diwaktu sore dari jam 16:00 sampai 00:00 malam, sambil terus mengusahakan perbaikan generator 3 dan 4.

 

“Dengan berfungsinya mesin tambahan dari PLTD Lambuya dan normalnya kembali mesin unit 6 maka sekarang pemadaman berhasil kita kurangi. Insya Allah setelah generator 3 dan 4 berhasil kita perbaiki, maka defisit akan dapat kita atasi,” tambahnya.

 

Amirul Huda menyebutkan bahwa perbaikan generator 3 dan 4 terus digenjot dan ditargetkan pada akhir Desember tahun ini sudah dapat masuk ke sistem daya sehingga bisa mengatasi defisit yang melanda.#L4Morowali