"MARI SIAPKAN JIWA RAGA UNTUK MENJEMPUT KEAGUNGAN LAILATUL QADAR DAN KITA SEMUA MENJADI PILIHANNYA UNTUK MENDAPATI RAHMAT DAN MAGFIRAH-NYA DAN KEMBALI MENJADI HAMBA YANG DIKASIHI. MARHABAN YA RAMADHAN.""JIKA HATI SEPUTIH AWAN, JANGAN BIARKAN IA MENDUNG. JIKA HATI SEINDAH BULAN, HIASI DENGAN SENYUMAN. MARHABAN YA RAMADHAN. MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA."

Lintasi Selat Malaka, Taruna AAL Satlat KJK 2020 Kembali Praktek Bestex Bintang

  • Bagikan
Lintasi Selat Malaka, Taruna AAL Satlat KJK 2020 Kembali Praktek Bestex Bintang

Liputan4.com ,selat malaka Ditengah melintas Selat Malaka dari Belawan menuju Tanjung Uban, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-67 yang tergabung dalam Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020 kembali melaksanakan praktek Bestex Bintang menggunakan Sextant tadi malam.

Setalah benerapa waktu lalu melaksanakan praktek Bestex pada siang hari, kali ini Taruna melaksanakan praktek Bestex pada malam hari dengan melihat bintang menggunakan sextant di bawah Instruktur Kapten Laut (P) Hafiz Aulia Rachman, S.ST. Han, M.M.

Kapten Hafiz menjelaskan Fungsi Sextant itu sendiri adalah alat untuk mengukur tinggi benda angkasa ,matahari, bintang, bulan dalam rangka Navigasi Astronomi.

Menurutnya, pada dasarnya praktek kali ini sama seperti dipraktek pada waktu yang lalu yang digelar siang hari, namun bedanya ketika malam hari yang dilihat untuk penghitungan adalah bintang.

Taruna Korps Pelaut dalam hal ini sebagai calon Perwira Navigasi harus mampu dan mengerti bagaimana cara penggunaan alat ini secara baik dan benar, karena ketepatan dalam menghitung secara manual dengan Sextant akan menentukan posisi kapal sampai dengan titik tujuan.

Setelah pelaksanaan pengukuran dengan Sextant, selanjutnya dihitung dengan metode sun-run-sun, sun-run-merpass, penghitungan posisi menggunakan tiga bintang dan hasilnya akan diplot dalan peta sehingga mengetahui posisi kapal.

“Alat ini digunakan apabila GPS (Global Positioning System) di kapal tidak berfungsi, maka akan menggunakan secara manual dengan menggunakan Sextant,” pungkasnya.

Sumber Kabagpen ALL

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Kel. Hj.Rampeani Rachman Gelar Bukber Dan Malam Pisah Bersama Kepala UPBU Timika Syamsuddin Soleman

23
0
0

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

45
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

22
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

71
0
0