Lalu Iswandi Octavia,SE, Tahapan Pikades Kotaraja Berjalan Lancar, Sesuai Regulasinya.

Makbul - NTB, Pilkades
  • Bagikan
Lalu Iswandi Octavia,SE, Tahapan Pikades Kotaraja Berjalan Lancar, Sesuai Regulasinya.
Foto : Lalu Iswandi Oktavia,SE (Ketua Panitia Pilkades Desa Kotaraja, Loim-NTB.

Liputan4.Com – Lombok Timur – Pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Lombok Timur, akan digelar tanggal 28 Juli 2021 mendatang dan diikuti oleh 29 Desa. Tercatat dari 29 Desa itu, Desa Kotaraja menjadi Desa yang paling banyak pemilihnya mencapai 10.846 orang dan 31 TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) Lalu Iswandi Octavia,SE mengatakan Desa Kotaraja menjadi Desa yang paling banyak Bakal Calon Kepala Desanya se Kabupaten Lombok Timur, karena setelah melalui seleksi Administrasi tercatat 9 orang yang lulus sebagai Balon (Bakal Calon) Kepala Desa.

“sesuai dengan aturan yang ada calon Kepala Desa yang ikut kontestasi pemilihan maksimal lima orang, sehingga untuk kami di Desa Kotaraja, kembali akan melakukan seleksi tambahan (tes tulis-red) untuk melakukan penyaringan hingga kami dapat 5 orang calon,”Ungkap Lalu Iswandi Kepada Wartawan di Selong. Rabu (02/06/2021).

Ia juga menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten agar pelaksanaan tes tambahan itu dilakukan di Kabupaten terutama untuk menjaga netralitas, dengan menghadirkan bakal calon secara keseluruhan.

“Terkait tes tambahan itu kami sudah berkonsolidasi dengan pihak Kabupaten, agar tes dilakukan dikabupaten dengan menghadirkan semua bakal calon, panitia dan tim pengawas dari kecamatan, itu dimaksudkan untuk menjaga netralitas, supaya jangan ada prasangka-prasangka yang mengatakan ada intervensi dari panitia atau dari pihak pengawas,”katanya.

Lalu Iswandi Octavia juga menambahkan pelaksanaan tahapan Pilkades Desa Kotaraja sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan regulasinya berdasarkan aturan yang ada sehingga sampai saat ini dalam pendataan jumlah pemilih sudah masuk tahap pemutahiran data untuk DPS (Daftar Pemilih Sementara) tercatat 10.846 orang pemilih.

“Kalau kami mengacu pada pemilu 2019 maka DPS di Desa Kotaraja mencapai 10.846 orang pemilih, tetapi setelah panitia turun untuk melakukan pendataan secara langsung ditemukan ada nama-nama yang ganda, sehingga kami temukan DPS sekitar 10.600 orang lebih data DPS,”ungkap Lalu Iswandi.

Ditambahkannya Panitia terus melakukan pemutahiran data dengan memakai alat control berupa kartu pemilih,yang akan diberikan kepada semua pemilih yang tercantum dalam DPS tersebut,

“Bagi masyarakat yang belum tercantum namanya di DPS tersebut, dia bisa melaporkan diri kepada panitia pemilihan atau ke Kawil (Kadus-red) masing-masing, dan InsyaAllah pada hari Senin yang akan datang kita akan menetapkan DPT(Daftar Pemilih Tetap) dan kalau kita lihat dari perkembangan yang ada kami perkirakan jumlah pemilih di Pilkades Kotaraja akan mencapai 11.000 an orang,”katanya.

Menurut L.Iswandi Octavia yang juga pernah menjadi Anggota DPRD Lombok Timur, dari belasan ribu jumlah pemilih dalam Pilkades Kotaraja, akam memberikan suaranya pada 31 TPS(Tempat Pemungutan Suara).

“Melihat jumlah pemilih pada Pilkades Kotaraja yang mencapai belsan ribu orang,kami minta kepada Kabupaten untuk memberikan kami 35 TPS, karena kalau kita mengacu pada TPS saat Pemilu 2019 jumlah TPS pada Waktu itu 40 TPS. Tetapi yang disetujui oleh Panita Kabupaten 31 TPS untuk Pilkades ini,”pungkasnya,

Ia juga mengingatkan kepada semua panitia dan masyarakat pemilih untuk tetap menaati Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan Pilkades Desa Kotaraja, karena menjaga prokes menjadi hal yang penting bagi panitia dan akan menjadi atensi khusus sehingga Pilkades tidak menimbulkan kerumunan.

“Kami dari Panitia Pilkades Desa Kotaraja, akan sangat mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19 dalam Pilkades ini, terutama dalam bentuk penyemprotan Lokasi TPS secara keseluruhan sebelum Pikades dimulai, kami juga akan mengatur jarak, masyarakat yang datang memilih, kami siapkan Handsanitaiser, Tempat Cuci Tangan, juga kami akan siapkan masker bagi masyarakat yang kebetulan tidak bawa masker,”tutupnya.(Bul)

 

Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
2
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan
LIPUTAN4.COM Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terbaru.
Dismiss
Allow Notifications