Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan Ditangkap Bersama Dengan 3 Orang

Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan tak sendirian ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  Ada tiga orang lain yang dibekuk dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Ketua KPU Arief Budiman mendapatkan informasi itu saat mengonfirmasi Lembaga Antirasuah. Dia menemui Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.


“Beliau (Alexander) hanya mendapatkan informasi hari ini yang diperiksa empat orang,” kata Arief di Gedung KPK Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Arief tak diberitahu siapa tiga orang lain yang ikut diperiksa penyidik KPK. Ia juga tak dijelaskan perkara apa yang dihadapi koleganya di KPU itu.

 

“Akan diberikan keterangan besok setelah proses pemeriksaan 1×24 jam,” ujar dia.

Lulusan Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, itu mengatakan KPK hanya memastikan kalau Wahyu sedang diinterogasi penyidik. KPU kini menunggu pemeriksaan KPK.

“Jadi hari ini kita hanya dapat konfirmasi memang benar yang diperiksa Pak WS (Wahyu Setiawan),” ucap Arief.

Arief dan tiga komisioner KPU yakni Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, dan Pramono Ubaid menyambangi Gedung Lembaga Antirasuah. Kedatangan mereka terkait kabar ditangkapnya komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Wahyu ditangkap KPK siang tadi di kawasan Jakarta. KPK belum memerinci perkara suap apa yang menyeret petinggi penyelenggara pemilu itu.