Kepala BTNUK Merestui Pengelolaan PKKBM di Kelola Oleh Masyarakat Desa Ujungjaya

Reporter: L4Banten Kategori: Banten, Pendidikan
  • Bagikan
Kepala BTNUK Merestui Pengelolaan PKKBM di Kelola Oleh Masyarakat Desa Ujungjaya

Liputan4.com PANDEGLANG- Mewujudkan Inisiasi Masyarakat Desa Dalam Rangka Mendukung Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat (PPKBM), Taman Nasional Ujung Kulon di Desa Ujungjaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten

Program kerjasama antara Balai Taman Nasional Ujung Kulon dengan Desa Ujungjaya berdasarkan Nota Kesepakatan Nomor : MOU.01/T.12/TU/K3/02/2020 dan Nomor : 005/03/05-2007/II/2020 tanggal 19 Februari 2020.

Masyarakat dan pemuda yang tergabung dalam forum Harmoni Semenanjung Ujung Kulon Desa Ujungjaya telah mewujudkan pelaksanaan kerjasama tersebut dengan aktivitas rutin merawat, memelihara dan membersihkan seluruh areal Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat (PPKBM), yang selesai dibangun SBSN akhir Desember tahun 2019.

Antusiasme masyarakat/ Pemuda Ujung Jaya yang diketuai oleh Sdr. Kusroni bersemangat untuk mengelola PPKBM tersebut yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi tersebut kepada publik tentang potensi desanya.

Dikatakan Kusroni,Ketua Forum Harmoni Semenanjung Ujung Kulon, “Saya yakin dengan adanya Komplek Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat (PPKBM) yang sudah terbangun di desa kami, kami akan berupaya meningkatkan popularitas Desa kami.

Dimana desa kami adalah desa yang ter-UJUNG Barat Pulau Jawa, mari kita bahu membahu memperkenalkan potensi desa Ujungjaya kepada khalayak, bahkan dunia internasional, agar desa kita menjadi meningkat baik kunjungan wisatanya, memperkenalkan potensi seni dan budaya Banten”. Jelasnya. Kamis 8/07/21

Lebih lanjut Kusroni menyampaikan, “kami akan menjaga dan memelihara bangunan yang telah dibangun ini agar pemanfaatannya dapat dipergunakan secara maksimal, potensi desa kami sangat tinggi memiliki pantai yang panjang, areal pesawahan irigasi yang baik, dan bisa juga melihat pegunungan yang indah, ini adalah potensi yang sangat baik bagi Desa kami, Alhamdulillah Allah SWT menganugerahkan desa indah untuk Ujungjaya”.

Kusroni juga memaparkan, Aktivitas dalam pemeliharaan secara rutin dilakukan oleh masyarakat dan Pemuda Desa Ujungjaya pada sekitar areal komplek PKKBM antara lain melakukan penanaman arboretum, pembersihan areal komplek baik halaman dan bangunan SBSN yang secara aset menjadi Barang Milik Negara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Pungkas kusroni.

Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Ir. Anggodo, MM menyetujui dan merestui pengelolaan PKKBM dikelola secara langsung oleh masyarakat desa Ujungjaya, tujuan pengelolaan dengan pelibatan masyarakat Desa Ujungjaya adalah agar masyarakat/pemuda Desa Ujungjaya dapat lebih termotivasi untuk memajukan dan memperkenalkan Desanya untuk menjadi desa unggulan dalam memperkenalkan potensi dan segala kearifan lokal yang ada, Ungkapnya.

Masih kata Angggodo, Pengelolaan komplek PPKBM yang berposisi di Legon Pakis, kami sarankan agar pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat bersama petugas Resort Legon Pakis Seksi Pengelolaan Taman Nasiona Ujung Kulon.

Dengan adanya PPKBM yang dikelola oleh FHSUK (Forum Harmoni Semenanjung Ujung Kulon) adalah keberpihakan Taman Nasional Ujung Kulon kepada masyarakat desa Ujungjaya sebagai wujud pengelolaan bersama dalam kolaborasi dengan masyarakat desa sekitar TNUK”, Tandas Kepala BTNUK ketika diminta pendapat dalam wawancara tersebut.

Komplek PKKBM diatas areal 4 (empat) hektar, terdapat gedung serba guna, camping ground, visitor center/pusat informasi, gazebo, mushola dan sarana pendukung penelitian, serta treking sepeda, memiliki ruang parkir yang cukup luas dan fasilitas MCK yang memadai.

Semoga pengelolaan areal PKKBM bersama masyarakat Desa Ujungjaya dapat berkelanjutan, dan mampu menambah peningkatan perekonomian dengan menggali potensi Desa Ujungjaya menjadi desa yang sejahtera. Pungkas Anggodo. (Ton/Hs)

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan