PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Kampung Patomuan Terima Hewan Kurban Dari Human Initiative

Pewarta: Hendri Kusuma Topik: News
  • Bagikan
Kampung Patomuan Terima Hewan Kurban Dari Human Initiative

Perjalanan pengantaran Sapi Korban ke Jorong V Patamuan 18-07-2021,menjadi pengalaman yang luar biasa oleh, Kepala Biro Liputan4.com Pasaman Sumatera Barat, Muhammad Laiyu Mahyudi.S.Tr.p

Di Patomuan 1442 H, Merupakan Qurban Sapi Pertama Selama 75 Tahun Indonesia Merdeka, Human Initiative Membuat Sejarah.dengan memberikan korban Sapi kewarga jorong V Patamuan kecamatan Mampat Tunggul Selatan kabupaten Pasaman.

Bagi Warga jorong V Patamuan Idul Adha ini terasa berbeda dari idul adha sebelumnya, mereka bahagia dan senang, Bagaimana tidak. Pasalnya se umur-umur baru idul adha ini mereka melihat Sapi di sembelih dikampungnya.

“Selama indonesia merdeka, 75 tahun lamanya, ini kali pertama kami melihat hewan qurban sapi sampai hidup-hidup di kampung kami, terima kasih kepada semua pihak, terutama Leiyu Mahyudi Sebagai relawan Human Initiative,Mantan Presiden Mahasiswa Politani Payakumbuh dan juga Kepala Biro Liputan4.com kabupaten Pasaman, yang sudah berjuang untuk kampungnya sendiri, ujar Warga, dengan rasa terima kasih yang begitu besarnya.

Alhamdulillah dua hari kita berjuang dalam perjalanan dari Kecamatan Panti sampai ke kampung Patomuan ini berusaha membawa hewan qurban ini hidup sampai ke kampung ini,dengan menempuh perjalanan yang sangat sulit.

Saya selaku relawan merasa bangga dan puas hati, selain kebanggan sebagai relawan, juga kebanggaan sebagai putra asli yang pertama kali bisa membawa qurban kekampung saya ini.

Dari Jam 10.40 kita berangkat dari kandang sapi di kecamatan Panti, Istirahat dulu untuk memberi makan sapi, setelah zuhur dan makan siang kira-kira jam 14.30 kita lanjutkan perjalanan. Mobil L-300 menjadi pilihan kita sebagai moda transportasi ke kecamatan mapat tunggul selatan nagari muaro sungai lolo, bersama Hendro salah satu Sopir dan juga orang daerah muaro, sudah hafal medan lokasi jalannya, juga berpengalaman.

Jam 15.30 kita mengisi BBM di SPBU Kauman, setelah itu perjalanan kita lanjutkan, doa dalam hati mudah-mudahan tidak turun hujan dan kita selamat Sampai tujuan, Jam 21.00 malam kita baru sampai 2/3 jalan, yaitu baru memasuki kecamatan mapat tunggu selatan tepatnya dikampung Silayang, sapi sudah rebah tidak mau beridir lagi, kita istirahat sejenak dirumah keluarga sopir (Hendro), sapi kita beri makan, kasih air minum, Alhamdulillah tak lama kemudian sapi mau berdiri lagi. Rasa cemas pun hilang. 30 menit kemudian perjalanan kita lanjutkan, Hutan Rimba yang Masih Alami, jalan tanah berlumpur adalah tantangan selanjutnya, mendaki menurun ciri khas medan jalan menuju muaro. Alhamdulillah berkat doa para Relawan Qurban, dan niat kita ikhlas mulai dari proses awal, setitik pun tidak ada hujan membasahi kami. Karena kalau hujan, medan jalan akan sangat parah dan ekstrim.

Pada Jam 23.30 malam kita sampai di Muaro, dimana titik terakhir jalan yang bisa ditempuh menggunakan mobil. Besok akan kita lanjutkan perjuangan via air menggunakan sampan but.setelah sapi diturunkan dan diikatkan ditempat yang aman, baru kita istirahat dijorong Satu Muaro ini.

Jam 8.45 Pagi kita siap menjalankan amanah pequrban lagi, yaitu membawa hewan qurban via air dengan sampan/Bot ke kampung paling ujung dipasaman, yaitu Jorong V Patomuan. 15 orang lebih yang membantu kita menaikkan sapi kedalam Sampan/Bot,Semua Pengemudi Sampan/Bot tidak ada yang berani membawanya, karena belum pernah mencoba, Alhamdulillah Hendro asli orang muaro yang juga sopir mobil kita sekaligus ahli dalam mengendarai sampan/bot sudah berkomitmen dari awal akan berusaha sekuat tenaga untuk membawa Sapi Qurban ini hidup sampai ke lokasi.

Diikat kaki, tangan, badan dan juga kepalanya ke sampan but menggunakan tali membuat sapi diam dalam sampan walaupun sesekali Sapi juga menggerakkan badan yang membuat hati cemas dan laju sampan tidak stabil.

Sekitar Jam 11.00 WIB tanggal 19-07-2021 kami sampai di Patamuan, kegembiraan masyarakat tidak bisa dibendung, melihat hewan qurban pertama via air sampai dikampungnya, mereka membantu proses mengeluarkan sapi dari sampan. Alhamdulillah sapi selamat sampai disembelih dihari pertama idul adha.

Semoga kedepan,Setiap Hari Raya Idul Adha Bisa kembali Ber Qorban di Nagari Patamuan ini,kami dari Crew liputan4.com Pasaman, Sumatera Barat Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijrah.

Reporter Rio putra
Dan Crew Biro Pasaman

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan