Kaban BPBD Palas “Ingatkan” Masyarakat Di Bantaran Sungai Sutam dan Batang Lubu Terkait Turunnya Hujan Intensitas Tinggi

Kaban Bpbd Palas &Quot;Ingatkan&Quot; Masyarakat Di Bantaran Sungai Sutam Dan Batang Lubu Terkait Turunnya Hujan Intensitas Tinggi

Liputan4.com Sumut

Palas-Setelah Plt. Bupati, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu Cht.MM. Msi, kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang lawas (Palas) ingatkan warga tentang perkembangan kondisi terkini Sungai Sutam dan batang lubu kecamatan Batang Lubu Sutam (BATAM) mengalami kenaikan volume air akibat intensitas hujan yang selalu datang.


Kaban BPBD Palas, Amit Hadi Nasution menyebutkan debit volume air Sungai Sutam dan Batang lubu diperkirakan ada kenaikan kurang lebih 1 meter lagi mencapai permukaan tanah yang berpotensi banjir susulan, jika terjadi kenaikan lebih tinggi lagi.

“Ia ,meminta petugas tanggap darurat banjir dan warga di Kecamatan Batang Lubu Sutam agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan selalu siaga terhadap kenaikan volume air akibat derasnya curah hujan saat ini.

“Kondisi air pada aliran sungai Sutam, Sabtu (8/1/2022) sekira pukul 19.30 WIB ada sedikit naik yang diperkirakan kurang lebih 1 meter lagi mencapai permukaan tanah atau pemukiman warga,” terangnya, Minggu (9/1/2022).

Kaban Bpbd Palas &Quot;Ingatkan&Quot; Masyarakat Di Bantaran Sungai Sutam Dan Batang Lubu Terkait Turunnya Hujan Intensitas Tinggi

 

“Ia menghimbau, warga untuk meningkatkan kewaspadaan dini dan tetap siaga, apabila adanya gelombang naiknya debit air sungai yang dikhawatirkan berpotensi meluap apabila intensitas hujan secara terus menerus dalam beberapa hari belakangan ini.

“Kami dari pihak BPBD mengimbau, warga agar terus waspada adanya potensi banjir susulan yang datang secara mendadak karena kondisi kencang dan derasnya arus aliran air di sungai tidak mampu menampung besarnya air akibat curah hujan,” ujarnya.

“Semoga debit air yang mengalir disungai Aek Sutam tidak ada peningkatan kenaikan volume yang berpotensi banjir,”sambungnya.

Ia mengajak warga untuk meningkatkan kepedulian terhadap kewaspadaan bencana banjir karena tingginya intensitas hujan saat ini tidak dapat diprediksikan untuk meminimalisir agar tidak terjadi banjir.(sbn)