Hidupkan Malam Ramadhan Dengan Membaca Al Qur’an, Bupati Tapsel Apresiasi BKM Al Irsyad

Hidupkan Malam Ramadhan Dengan Membaca Al Qur'An, Bupati Tapsel Apresiasi Bkm Al Irsyad

Liputan4.com. Tapanuli Selatan
TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Pasaribu, SPt, MM, mengucapkan terimakasih ke Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al Irsyad, karena selama bulan puasa telah menghidupkan malam Ramadhan dengan pembacaan ayat suci Al Quran hingga khatam setelah ibadah-ibadah lainnya.

“Mudah-mudahan Allah balaskan segala amal, baik itu yang wajib maupun sunat dengan kebaikan yang berlipat ganda,” ujar Bupati disela acara Khatam Al Quran di Masjid Al Irsyad, Rumah Dinas Bupati, Jalan Tapian Nauli No. 1 AZ, Kota Padang Sidempuan, Kamis (28/4/2022) malam.


Bupati Dolly Pasaribu, juga menghaturkan terimakasih ke para pembimbing maupun ustadz yang telah memberikan tausiyah kepada anak-anak yang secara istiqamah menghidupkan Masjid Al Irsyad dengan lantunan ayat-ayat suci Al Quran. Namun begitu, setelah Ramadhan berakhir Bupati berharap agar ke depan, kegiatan serupa tetap terus dilaksanakan.

“Bila perlu, selain membaca Al Quran juga dilengkapi dengan kajian pemahaman dan pendalaman Kalam Ilahi tersebut,” harap Bupati.

Bupati juga sempat memberi masukan agar kiranya ke depan, tajwid Al Quran yang dilantunkan anak-anak dapat dibenahi, karena jika tajwidnya kurang benar, dikuatirkan akan merubah makna di dalamnya. Jangan sampai, bacaan Al Quran yang salah tidak bernilai pahala nantinya.

“Kami meyakini, anak-anak kami ini bisa lebih baik ke depannya. Meskipun Ramadhan berakhir kegiatan ini secara kelompok-kelompok bisa terus hidup, seperti keluarga kami, Keluarga Besar Haji Hasan Pinayungan Pasaribu, memiliki grup WhatsApp yang berisi 30 orang. Setiap orang menyelesaikan 1 juz setiap minggu. Kegiatan ini sudah berjalan lebih dua tahun” kata Bupati.

Sebelumnya, Ketua BKM Al Irsyad, Ahmad Suaib Harianja, melaporkan, Pemkab Tapsel telah memfasilitasi setiap acara di Rumah Allah itu setiap hari. Dan salah satunya, selama Ramadhan kali ini ada beberapa kegiatan antara lain, salat Isya, Tarawih, dan Witir berjamaah.

“Kemudian, tausiyah seputar Ramadhan di antara, salat Isya dan Tarawih. Di mana diimami (dipimpin) oleh 10 orang ustadz secara bergantian,” sebutnya.

Tak hanya itu, katanya, kegiatan di masjid juga diisi dengan tadarus Al Quran yang dibacakan remaja dan anak-anak sebanyak 22 orang dengan pemandu 5 orang. Dirinya bersyukur, sebab selama Ramadhan 1443 Hijriah di masjid tersebut telah khatamkan Al Quran sebanyak 3 kali.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian tali asih oleh Bupati Tapsel kepada peserta/pemandu tadarusan sebanyak 27 orang, anak yatim di lingkungan masjid sebanyak 5 orang dan Ustadz Imam Tarawih/Witir sebanyak 10 orang.

Turut hadir pada acara khatam Al Quran, Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI Tapsel, beberapa pimpinan OPD, Ketua TP PKK Tapsel, Kepala Bagian dan seluruh peserta tadarusan. (Mr)

Print Friendly, Pdf & Email