Gunakan Anggaran DD, Pembangunan Tugu Desa Babakan Peuteuy Diborongkan

  • Bagikan
Gunakan Anggaran DD, Pembangunan Tugu Desa Babakan Peuteuy Diborongkan

LIPUTAN4.COM, BANDUNG || Pembangunan tugu selamat datang di RW 03 Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, yang menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2020 sebesar Rp. 48.800.000,- oleh TPKD Desa Babakan Peuteuy, dalam pengerjaannya diborongkan, Rabu (4/11/2020).

Pembangunan tugu selamat datang tersebut, yang hingga kini masih dalam tahap pembangunan, menyisakan Kejanggalan dalam proses pembangunannya.

Hasil pantauan awak media liputan4.com dilapangan, kami menemukan bahwa pengerjaan proyek tersebut diborongkan, padahal sudah ada TPKD sebagai pelaksana pembangunan proyek di desa.

Disamping itu, tidak ditemukan bekas galian untuk pondasi cakar ayam, melihat kondisi tanah yang kurang memungkinkan, dikanan kiri jalan ada saluran air.

Di konfirmasi di tempat terpisah, Kasie Perencanaan Desa Babakan Peuteuy, Amin, menyampaikan, untuk tenaga kerjanya kami borongkan ke warga sekitar sebesar Rp. 10.000.000.00,- , tetapi bahan materialnya kami supply.

” Untuk pondasi, kami sudah pakai cakar ayam, dengan kedalaman galian sekitar 1 meter, ” ucapnya, Senin (2/11).

Sedangkan ketika ditemui diruang kerjanya, Kades Babakan Peuteuy Endang Sutisna membenarkan bahwa pengerjaan proyek tersebut diborongkan. ” Pada awalnya, upah kerja dibayar harian, karena cuaca hujan dan pekerjaan kurang efektif, ditambah ada permintaan dari pekerja, sehingga akhirnya untuk upah kerja diborongkan sebesar Rp. 10.000.000,00.

” Untuk pondasi, kami telah pasang cakar ayam, dengan kedalaman galian sekitar 1,5 meter, ” jelas Kades, Selasa (3/11).

Kemudian ada perbedaan mengenai kedalaman galian, menurut Amin Kasie Perencanaan, kedalaman galian sekitar 1 meter. Sedangkan menurut Kades Babakan Peuteuy Endang Sutisna, bahwa kedalaman galian sekitar 1.5 meter. Adapun menurut pekerja di lapangan, kedalaman galian sekitar 2 meter.

Ditemui di Kantor Kecamatan Cicalengka, Sekcam Cicalengka Cucu Hidayat, menyatakan, kami sudah menerima laporan dari Kasie Perencanaan dan Kepala Desa Babakan Peuteuy, mengenai proyek pembangunan tugu yang menggunakan Dana Desa tersebut, Rabu (4/11).

” Setelah mendengar informasi dari Pemdes Babakan Peuteuy, dan juga konsultasi dengan Kasie Perencanaan Kecamatan, bahwa proyek yang menggunakan Dana Desa boleh di borongkan untuk pengerjaan upahnya (HOK) saja, ” jelas Sekcam Cicalengka.

Hal ini menjadi kontraproduktif, mengingat proyek yang bersumber dari Dana Desa menurut aturan yang ada tidak boleh diborongkan.

Penulis : kuswandi

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan

Channel Liputan4 TV – Live News

Desa Bumi daya Dalam Pengelolaan Bumdes patut di jadikan percontohan

32
0
0

Peresmian Usaha Unit Bumdes Maju Bersama Oleh Camat Palas Program one Village one outlet

16
0
0

Trobosan Baru Budidaya Udang Dengan Air Tawar Di Palas

60
0
0

Kegiatan Soft Opening Wisata Pantai Muara Indah Suak

33
1
0